Jabar Dalam klasemen Sementara Medali PON Belum Dapat Dibendung

<

Jabar dulang emas dari maraton dan jalan cepat putra di Kuala Kencana, Kota Timika, Sabtu (9/10/2021) pagi. Agus Prayogo mencatat waktu tercepat dua jam, 33 menit, 09 detik dari nomor maraton setelah menempuh jarak 42,195 kilometer.

Timika, legacynews.id – Tak terasa Pekan Olahraga Nasional 2021 di Papua segera memasuki pekan terakhirnya. Hingga hari ketujuh sejak dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, sudah 20 cabang dan disiplin menyelesaikan seluruh perlombaannya.

Namun, ada juga yang baru memulainya termasuk cabang renang yang digelar mulai Sabtu (9/10/2021) di Arena Akuatik, Lukas Enembe Sport Complex, Kampung Harapan, Sentani. Renang bersama atletik merupakan dua cabang yang menyediakan medali emas terbanyak dan selalu menjadi lumbung bagi kontingen-kontingen untuk menambah koleksi di daftar klasemen medali PON.

Hingga Sabtu pukul 11.00 WIB, Jawa Barat masih setia di puncak klasemen sementara perolehan medali. Juara umum PON 2016 itu telah mengumpulkan total 198 medali dengan perincian 68 emas, 63 perak, dan 67 perunggu.

Tambahan dua emas Jabar didapat dari arena atletik nomor maraton putra atas nama Agus Prayogo dan 20 kilometer jalan cepat putra oleh Hendro. Lomba dilaksanakan di kawasan Kuala Kencana, Kota Timika, Kabupaten Mimika, Sabtu pukul 05.00 WIT. Sehari sebelumnya, Jumat (8/10/2021), Jabar berpesta di arena dayung setelah keluar sebagai juara umum disiplin rowing dengan koleksi tujuh emas. Hari itu rowing telah menyelesaikan seluruh lombanya.

Hasil di Teluk Youtefa, Kota Jayapura ini hanya beda satu keping lebih sedikit dibandingkan PON 2016 ketika Jabar yang menjadi tuan rumah juga keluar sebagai juara umum rowing di Setu Cipule, Kabupaten Karawang. “Ini buah kerja keras dari pembinaan secara berkelanjutan. Bahkan, saat pandemi, tim rowing Jabar tetap melakukan pemusatan latihan di Karawang,” kata pelatih rowing Jabar Sjafril, menanggapi kesuksesan anak didiknya di Teluk Youtefa.

READ  TNI-Polri Dikerahkan Untuk Pengamanan PON XX di Papua

Jabar juga panen emas dari arena menembak dengan koleksi total delapan keping. Koleksi emas Jabar diprediksi akan bertambah dari menembak yang akan menggelar final sembilan nomor Sabtu (9/10/2021). Bumi Pasundan merupakan juara umum menembak PON 2016 dengan total emas mencapai 13 keping.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*