Bagi WNA Pintu Masuk ke Indonesia Melalui Dua Bandara

<

Demi memudahkan pengawasan, mulai September 2021 diberlakukan aturan WNA hanya bisa masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta dan Sam Ratulangi.

 

Jakarta, legacynews.id – Kasus penularan Covid-19 telah menurun dratis. Kementerian Kesehatan mencatat dalam dua pekan ini, jumlah kasus terkonfirmasi SARS COV-2 berkurang 58 persen. Capaian tersebut lantas tidak membuat pemerintah mengendorkan pengendalian serta upaya membentuk kekebalan komunal (herd immunity) melalui vaksinasi massal.

Lonjakan kasus corona di tanah air sepanjang Juni hingga Agustus ini dipicu oleh varian virus bernama Delta. Virus ini termasuk variants of concern (VoC) yang memiliki daya tular lebih tinggi dibandingkan varian lainnya yang juga beredar di Indonesia, seperti varian Alpha, Beta, dan Gamma.

Seturut demikian, pemerintah tak mau kecolongan lagi. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa pemerintah melakukan pengetatan di seluruh pintu masuk negara guna mencegah masuknya varian baru virus penyebab Covid-19.

“Pemerintah memutuskan untuk memperkuat seluruh pintu masuk negara dengan melengkapi dan memperketat proses karantina di sana, baik itu masuknya itu melalui udara, laut, maupun darat,” ujar Menkes, Senin malam (13/9/2021).

Sejauh ini, pemerintah terus mengawasi secara ketat perkembangan varian baru virus corona dari seluruh dunia. Menkes mengungkapkan terdapat tiga varian yang masuk dalam pengamatan pemerintah, yaitu varian Lambda (C.37) yang sudah tersebar di 42 negara, varian Mu (B.1.621) tersebar di 49 negara, dan varian C.1.2 yang sudah menyebar di 9 negara.

“Ketiga varian ini memang sedang dalam penelitian, bagaimana perilakunya, laju penularannya, dan apakah mereka bisa menghindar dari antibodi yang terbentuk secara natural maupun vaksinasi. Dan sampai sekarang memang belum ada hasil riset yang pasti,” tukas Budi Gunadi Sadikin.

READ  Polri Luncurkan Aplikasi Pantau Posisi Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Untuk mendeteksi keberadaan varian baru, pemerintah juga terus meningkatkan upaya pengetesan whole genome sequensing (WGS). Sampai saat ini, ketiga varian tersebut belum terdeteksi masuk ke Indonesia.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*