Corona Tembus Angka Psikologis 10 Ribu Kasus Per Hari

<

Tepat sebulan lalu, yakni pada 29 Desember 2021, angka penularan harian corona yang dilaporkan Satgas Covid-19 berada di angka 194 kasus. Hari ini, angka penularan di tanah air melonjak menembus angka psikologis, 10 ribu kasus per hari.

Jakarta. legacynews.id – Setelah masuknya varian Omicron ke tanah air, hari demi hari yang berlalu sarat diwarnai dengan informasi adanya kenaikan angka penularan harian kasus Covid-19. Hanya sesekali, penurunan angka penularan terjadi. Namun, itu tidak signifikan karena penurunan kasus biasanya bisa dihitung jari. Sedangkan angka kenaikan kasus kisarannya mencapai ratusan hingga ribuan kasus per hari.

Kontan, kecemasan kembali menyergap mayoritas warga bangsa. Betapa tidak. Kabar kemampuan infeksi varian Omicron jelas bukanlah isapan jempol belaka. Beberapa negara di berbagai belahan dunia telah mencatatkan dampak memprihatinkan terkait penyebaran virus SARS COV-2 itu.

Sebut saja yang dialami Inggris, Amerika Serikat, dan Rusia. Dihantam varian Omicron, ketiga negara itu sama-sama pernah menorehkan angka penularan kasus harian hingga di atas 100 ribu kasus per hari.

Rata-rata angka kematian akibat corona di AS bahkan melampaui puncak dari gelombang Delta pada musim gugur 2021. Mengutip New York Daily News pada Sabtu, 29 Januari 2022, rata-rata ada 2.267 orang meninggal karena Covid-19 setiap hari selama sepekan terakhir. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibanding saat gelombang Delta memuncak dengan rata-rata 2.100 kematian dalam rentang tujuh hari pada September 2021.

Rata-rata kematian harian tertinggi di AS sendiri tercatat terjadi pada Januari 2021, yakni sekitar 3.300 kematian per hari selama seminggu penuh. Persoalannya, kendati angka penularan dalam sepekan terakhir di AS terhitung melorot cepat, angka kematian masih sangat tinggi.

READ  Presiden Jokowi: Pemerintah Siap Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19

Berbeda dengan di Amerika, wabah corona di Rusia justru masih tampak jauh dari kondisi membaik. Pada Sabtu ini, dilaporkan kasus penularan harian mencapai lebih dari 100 ribu. Lonjakan itu mencatatkan angka tertinggi sejak pandemi merebak di Rusia.

Seperti dilansir Reuters, gugus tugas virus corona pada Pemerintah Rusia melaporkan sebanyak 113.122 kasus Covid-19 yang terdeteksi dalam 24 jam terakhir. Dengan lonjakan itu, berarti genap sembilan hari berturut-turut Rusia mencatat rekor kasus harian tertinggi untuk wilayahnya.

Tak hanya angka infeksi harian, fatalitas akibat Covid-19 di negara itu juga patut dicermati secara serius. Data terbaru gugus tugas virus corona menyebutkan, sedikitnya ada 668 kematian tercatat dalam 24 jam terakhir.

Otoritas Rusia meyakini, varian Omicron yang sangat menular itu menjadi pemicu terjadinya lonjakan kasus di sana. Di Inggris, pagebluk masih menyisakan angka penularan harian setidaknya 100.000 kasus. Walau sebenarnya, angka itu menunjukkan adanya penurunan yang signifikan dari angka kasus harian sebelumnya, yang sempat mencapai lebih dari 200.000.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*