Danau Sentani Sebagai Danau Toba Baru di Kawasan Timur Indonesia

<

Sudah ada investor Jerman yang berencana masuk membangun kawasan pariwisata terintegrasi. Bila ingin maju, harus siap menggandeng investor.

Jayapura, legacynews.id – Decak kagum pun terlontar tatkala menjejakkan kaki di Danau Sentani yang terletak di Kabupaten Jayapura, Papua. Sentani yang berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops, memiliki luas sekitar 9.360 hektare dan berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Dengan lahan seluas itu, wajar bila Danau Sentani memiliki sumber daya alam yang sangat kaya. Ada berbagai spesies ikan air tawar yang hidup di dalam danau ini. Beberapa di antaranya menjadi spesies endemik Sentani.

Selain menyuguhkan keberagaman alam, danau yang berada tak jauh dari Bandara Sentani ini juga memiliki spot menarik lainnya, seperti bukit indah bernama Bukit Teletubbies.

Nama Teletubbies disematkan karena bukit itu berdiri berderet layaknya bukit di serial anak yang sempat ngehits pada 2000 lalu. Bukit yang memiliki nama asli Tungkuwiri itu, kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di seputaran Danau Sentani.

Terletak di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, bukit tersebut juga mampu memanjakan wisatawan yang naik ke puncaknya dengan keindahan Danau Sentani dan hamparan bukit hijau. Nah, dari pelbagai spot menarik itu, wisatawan biasanya tak akan melewatkan keindahan matahari terbenam (sunset), yang menjadi momen favorit di kawasan itu.

Tidak itu saja, di Danau Sentani juga terdapat 22 pulau yang tersebar. Wisatawan dapat mengelilingi danau dengan menggunakan perahu wisata yang disewakan untuk menikmati keeksotisan panorama di sana.

Wisatawan juga bisa berenang, memancing, menyelam, ski air, dan wisata kuliner di kawasan danau. Dari 22 pulau, Pulau Asei merupakan salah satu yang cukup terkenal.

READ  Pendidikan Tinggi Harus Fasilitasi Mahasiswa Kembangkan Talenta

Di pulau ini, wisatawan dapat membeli kerajinan tangan khas Papua. Beberapa di antaranya noken atau tas Papua yang telah mendunia, suvenir kulit kayu yang dengan berbagai motif, batik Papua, t-shirt motif Papua, dan lain-lain.

Tak hanya pesona alamnya, Danau Sentani juga memiliki kekayaan sejarah lainnya. Balai Arkeologi Papua dalam penelitian di perairan Danau Sentani bagian barat, Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua, sempat menemukan tiang rumah prasejarah, beberapa tahun lalu, dan jejak itu masih ditemukan hingga saat ini.

Bila ingin berleha-leha dan merasakan kuliner berupa ikan tawar dan ingin menikmati panorama Danau Sentani, resto kuliner khas Sentani dapat dengan mudah ditemukan di kawasan itu.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*