E-Sports Dipertandingkan Pada Ajang PON XX Papua

<

E-sports secara resmi akan menjadi satu di antara 10 cabang olahraga (cabor) yang diberi kesempatan bereksebisi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021.

 

Jakarta, legacynews.id – Ketua Pelaksana Eksebisi E-sports PON XX Papua Glorya Famiela Ralahalo kepada wartawan, di Kota Sentani, Distrik Sentani, pada Rabu 25 Agustus 2021, memastikan bahwa gelaran PON XX Papua Tahun 2021 menjadi debut cabang olahraga e-sports. Kesiapan ini disampaikan usai PB ESI melakukan survei langsung ke venue pertandingan hockey indoor di Papua dan panitia pelaksana hockey indoor, guna melakukan pengecekan menyeluruh dan juga mengecek kesiapan penyelenggaraan eksibisi dari olahraga elektronik di PON XX Papua.

“Selain pengecekan venue, tim PB ESI juga melakukan pengecekan terhadap wisma atlet untuk menyambut kedatangan atlet e-sports di Papua,” ucap Glorya Famiela Ralahalo.

Glorya mengungkapkan, ada tiga nomor pada cabang olahraga e-sports yang sudah pasti dipertandingkan secara battle royal di Papua pada eksebisi e-sports PON XX Papua di akhir September 2021. Ketiga nomor pada cabang olahraga elektronik itu adalah Gim Free Fire, e-Football PES, dan Mobile Legends Bang Bang.

“E-sports menjadi salah satu cabang olahraga dari 10 cabang yang akan mengikuti eksibisi PON XX di Papua. Pada eksibisi tersebut akan dipertandingkan tiga nomor pertandingan dengan genre secara battle royal Gim Free Fire, Mobile Legends, dan e-Football PES,” jelas Glorya.

Sementara itu untuk game sepak bola, yakni e-football PES itu akan dipertandingkan secara perorangan ataupun ganda pada console game. Untuk pendaftarannya dibuka secara umum dan siapapun dapat berpartisipasi di dalamnya.

Pendaftaran dilakukan secara online di website, garudaku.com dan diharapkan diikuti oleh seluruh atlet dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Adapun untuk seleksi atlet e-sports yang akan mengikuti eksebisi ini sudah dilakukan sejak Juli 2021 oleh masing-masing Pengprov ESI yang ada di seluruh Indonesia.

READ  Ekspor Minyak Goreng Mulai 23 Mei 2022

Untuk menjaga protokol kesehatan Covid-19 dan juga keamanan selama penyelenggaraan eksibisi e-sports PON XX Papua, Glorya mengatakan, tim PB ESI melakukan koordinasi dengan Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri Polda Papua di Jayapura. “Kompol Andi Mapodang selaku Karumkit Bhayangkara Polri Polda Papua Jayapura menyatakan siap memberikan pelayanan PCR kepada atlet yang akan bertanding. Pihak Polda Papua juga menyatakan siap memberikan dukungannya dari segi keamanan,” katanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*