E-Sports Dipertandingkan Pada Ajang PON XX Papua

<

“Kami juga telah membangun komunikasi secara menyeluruh dan memastikan, venue beserta perangkat pendukungnya siap digunakan untuk kepentingan acara. Hari ini kita bersama-sama sedang menciptakan sejarah baru untuk industri e-sports dan game di Indonesia. Kita berdoa agar pelaksanaan acara ini bisa berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti hingga selesai,” ucap Glorya Famiela Ralahalo, di akhir keterangan persnya.

E-sports merupakan sebuah kompetisi game yang terdiri dari tim yang bermain untuk melawan satu sama lain. Sejumlah game yang dipertandingkan di kompetisi e-sport, di antaranya, adalah Fortnite, League of Legends, Counter-Strike, Call of Duty, Overwatch, dan Madden NFL.

Karena masuk dalam ranah olahraga, maka atlet e-sport juga berpenampilan berbeda dengan pemain game biasa. Atlet e-sport akan mengenakan seragam layaknya para atlet cabang olahraga lain, mereka pun bermain untuk tim, bukan individu. Atlet e-sport juga dilatih secara profesional, termasuk soal kebugaran, demi menunjang peforma di arena pertandingan.

E-sport  juga diakui sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Pengakuan tersebut dilakukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 secara virtual pada 25-27 Agustus 2020. Rapat tersebut juga mengakui bahwa Pemerintah Indonesia menyetujui Pengurus Besar E-sports Indonesia (PB ESI) sebagai satu-satunya badan resmi pemerintah yang menaungi e-sport sebagai olahraga prestasi di bawah KONI.

PB ESI yang diketuai oleh Jenderal (Purn) Budi Gunawan, memiliki visi mengembangkan dan mempromosikan ekosistem e-sports yang stabil dan dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia pada tingkat internasional.

Adanya pengakuan ini menandakan e-sport dapat ikut dipertandingkan pada kompetisi-kompetisi resmi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON). Kelayakan e-sport sebagai olahraga prestasi karena sudah banyak dipertandingkan pada event nasional dan internasional termasuk Asian Games 2018 dan SEA Games 2019.

READ  Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Terbuka Bagi Penerbangan Internasional

Pada acara PON XX Papua, e-sports akan dipertandingkan di Stadion Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura. Guna keperluan pertandingan, PB ESI memastikan jaringan internet di venue pertandingan prima selama laga berlangsung. Adapun e-sports akan memainkan pertandingan mulai 22 sampai 26 September.

[Indonesia.go.id]

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*