Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia dan Lemhanas Kerja Sama

<

Jakarta, legacynews.id – Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) dengan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) menandatangani nota kesepahaman pada Selasa (28/9). Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, bersama Ketua Umum GAMKI, Willem Wandik, S.Sos., menandatangani langsung nota kesepahaman tersebut bertempat di Gedung Trigatra Lemhannas RI.

Penandatanganan nota kesepahaman kali pertama ini secara umum meliputi peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan, pertukaran tenaga ahli, pemantapan nilai-nilai kebangsaan, tukar menukar informasi dan pelaksanaan pengkajian, serta bidang lain sesuai dengan kebutuhan yang disepakati bersama oleh Lemhannas RI dan GAMKI.

“Hari ini merupakan sejarah baru perjalanan berbangsa, bernegara, dimana GAMKI bisa melakukan MoU bekerja sama dengan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia dalam rangka memberikan dukungan kepada Lemhannas RI supaya kerja Lemhannas RI bisa semakin maksimal lagi,” kata Ketua Umum GAMKI Willem Wandik, S.Sos seperti yang disampaikan dalam keterangan tertulis pada hari Senin (4/10/2021).

Willem menyampaikan bahwa dengan demikian kader-kader anggota GAMKI di seluruh wilayah nusantara bisa ikut terlibat di dalam penyelenggaraan pendidikan Lemhanas RI.

Pendidikan dan pelatihan ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah dalam mendidik dan membimbing anggota GAMKI.

“Supaya digembleng, supaya memiliki karakter memiliki nasionalis yang kuat untuk memperkuat peran kita dalam mempertahankan eksistensi kedaulatan kita bernegara dan juga bisa memberikan ide gagasan,” ujar Willem.

Menurut Willem, kader-kader GAMKI yang tersebar di seluruh wilayah nusantara bisa memberikan usulan kajian terkait persoalan kontekstual yang dihadapi di masing-masing wilayah nusantara yang sangat beragam. Hal tersebut dinilai bisa menjaga kohesi dalam mengelola persoalan bernegara serta bisa mendukung kinerja Lemhannas RI agar bisa semakin meluas.

READ  PMII Jadi Role Leader Organisasi Kemahasiswaan

“Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan ide dan gagasan bagi Lemhannas ini dalam memberikan kajian terkait dengan tantangan yang dihadapi di masing-masing daerah, sehingga dapat menjadi referensi bagi Lemhannas RI dalam bidang ketahanan nasional,” lanjut Willem yang merupakan anggota DPR RI dari dapil Papua ini.

GAMKI mendapat banyak keluhan dari anggota yang membutuhkan waktu dan biaya yang besar bila harus mengikuti pendidikan dan pelatihan di Jakarta.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*