Kapal Pelni Sebagai Tempat Isolasi Terpusat Selama PON XX Papua

<

Pemerintah sudah menyiapkan satu kapal Pelni sebagai tempat isolasi terpusat (isoter) selama PON XX Papua di klaster Merauke.

Jakarta, legacynews.id – Pemerintah menyiapkan kapal Pelni Sirimau untuk isolasi terpusat (isoter) kasus Covid-19 di Kabupaten Merauke. Hal ini disampaikan langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat meninjau kesiapan klaster Merauke jelang PON XX, Sabtu (25/9/2021).

Kepada wartawan usai melakukan peninjauan Stadion Katalpal Merauke, Menteri Budi Karya mengatakan, dipilihnya kapal Pelni Sirimau sebagai alternatif tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 di Merauke agar hotel yang selama ini digunakan sebagai tempat isolasi bisa kembali dipulihkan dan digunakan mendukung kebutuhan akomodasi PON di daerah.

Sirimau mempunyai 460 bed, di mana 449 bed diperuntukkan bagi pasien Covid-19, dan 11 bed sisa akan digunakan bagi dokter dan tenaga kesehatan. Kapal ini disiapkan jika ada yang terpapar Covid-19, baik itu atlet maupun ofisial, dan perlu menjalani isolasi di kapal.

Kapal Sirimau, sejak Agustus lalu sudah dipakai menjadi tempat isoter Covid-19 di Kota Sorong. Kapal isotertersebut melayani masyarakat Kota Sorong yang terkonfirmasi positif Covid-19, baik orang tanpa gejala (OTG), sedang, maupun ringan. Tapi untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pada pelaksanaan PON di Merauke, kapal tersebut diperbantukan untuk pemerintah Kabupaten Merauke. Saat ini, KM Sirimau sudah sampai di pelabuhan Merauke.

KM Sirimau mempunyai kapasitas 1.000 penumpang. Sebelumnya, KM Sirimau sebagai kapal penumpang dengan rute Manokwari-Sorong-Ambon-Wanci-Bau-bau-Maumere-Lewoleba-Kupang-Kalabahi-Saumlaki-Tual-Dobo-Timika-Agats-Merauke (PP).

Saat menyambut kedatangan Menhub dan rombongan di Merauke, Bupati Merauke Romanus Mbaraka menyampaikan terima kasih. Sebab, pemerintah pusat terus mendukung kemajuan daerah dengan berbagai program, baik dari sisi perhubungan udara, laut, dan darat.

READ  Festival Kopi Papua dan UMKM Kota Jayapura 2021

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*