Kebanggaan Masyarakat Papua Stadion Atletik Mimika

<

Keberadaan infrastruktur olahraga yang dibangun berdesain modern dan megah untuk perhelatan PON Papua harus menjadi kebanggaan masyarakat Papua dan Mimika.

Jakarta, legacynews.id – Tidak lama lagi masyarakat di Kabupaten Mimika akan mendapat kado spesial berupa infrastruktur olahraga modern bertaraf internasional. Namanya Stadion Atletik Mimika dan berada di area Mimika Sport Complex, kawasan SP-2, Kelurahan Wanagon, Distrik Mimika, Kota Timika.

Stadion Atletik ini sudah berstandar Federasi Asosiasi Atletik Internasional (IAAF) Kelas 2 dan bisa menggelar 42 nomor pertandingan dalam atletik. Stadion dibangun di atas lahan seluas 1.455 meter persegi, dilengkapi lapangan rumput untuk nomor lompat galah, lompat jauh, lempar lembing, lempar cakram, dan tolak peluru. Sedangkan lintasan lari berbahan sintetis khusus untuk berbagai nomor lari.

Stadion anyar ini dilengkapi sebuah lapangan latihan serta fasilitas penunjang lainnya. Terdapat pula dua tribun, yakni Tribun Barat dan Tribun Timur yang dapat menampung 3.500 penonton. Atap Tribun Timur menyerupai ekor burung cenderawasih (Paradisaeidae), satwa endemik Papua yang mendunia dan dikenal juga sebagai burung surga.

Dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua, Stadion Atletik ini akan menjadi tuan rumah perhelatan cabang atletik di klaster Kabupaten Mimika, satu di antara empat klaster PON Papua selain Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Merauke.

Persiapan untuk menggelar lomba cabang tersebut sudah hampir rampung. Berbagai peralatan pertandingan juga sudah siap digunakan termasuk start block yang dipakai untuk pijakan kaki atlet ketika akan memulai lari untuk nomor lari. Panitia pelaksana juga sudah menguji kesiapan photo finish. “Para atlet sudah mencoba start block dan semuanya siap untuk dipakai lomba,” kata Technical Delegate Atletik, Dwi Priyono seperti dikutip Antara, Senin (4/10/2021).

READ  Pebasket Indonesia Basketball League Tanding Di Arena PON

Rencananya stadion tersebut, Selasa (5/10/2021) akan diresmikan pemakaiannya oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan yang juga Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). Peresmian itu juga akan dihadiri Gubernur Lukas Enembe dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng. Menko Marves juga sekaligus membuka dimulainya pertandingan cabang atletik.

Stadion Atletik ini menjadi bagian dari infrastruktur olahraga modern yang dibangun PT Freeport Indonesia (PTFI) yang dibangun di atas lahan seluas total 12,5 hektare milik Pemerintah Kabupaten Mimika. Dibangun sejak 2014 dan selesai 23 bulan kemudian atau 2016, Mimika Sport Complex terdiri dari Stadion Indoor yang dapat dipakai untuk cabang bola basket, bola voli, dan bulu tangkis berkapasitas 5.000 penonton. Ada juga Asrama Atlet dengan 56 kamar untuk menampung 112 orang.

“Kami membangun infrastruktur olahraga agar dapat dipakai untuk Pekan Olahraga Nasional 2021. PTFI menghabiskan anggaran hingga Rp468 miliar. Stadion Atletik yang dibangun merupakan yang terbaik di Indonesia bagian timur,” kata Presiden Direktur PTFI Tony Wenas ketika melakukan kunjungan mendadak ke Media Center Kominfo PON Papua Klaster Mimika, Minggu (3/10/2021).

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*