Kepemimpinan Berkembang Sesuai Perkembangan Jaman

Kepemimpinan Berkembang Sesuai Perkembangan Jaman
<

Sejak penemuan tenaga air dan uap, wajah dunia berubah. Sejak itu, tenaga manusia dan tenaga hewan diganti dengan mesin. Generasi pertama dari revolusi industri adalah penemuan mesin uap pada abad ke–18 oleh James Watt. Catatan sejarah pada abad ini, agraria menopang sektor ekonomi, bersamaan dengan bangsa Eropa yang berperan sebagai penjajah, mengutip hasil agraris dari berbagai kawasan di dunia.

Industri mengubah status sosial ekonomi dan menyebabkan terjadinya kenaikan standar hidup. Berbeda dengan nasib buruh yang buruk, memeras keringat dengan bayaran murah, dan eksploitasi pekerja anak dianggap sebagai kewajaran.

  • BACA JUGA : Program Sertifikasi Halal Gratis Bagi UMK Segerea Diluncurkan

Pemimpin menjadi penguasa. Pemimpin adalah orang yang kuat, pemimpin seperti terlahirkan untuk meneruskan kepemimpinan orang tuanya. Jurang antara kaya dan miskin sangat besar, antara pemimpin penguasa dengan bawahan seakan ada tembok pembatas.

Tugas atau tanggung jawab dari atas ke bawah secara satu arah layaknya komando. Yang membantah atau kritis dianggap sebagai pemberontak. Bawahan hanya menerima dan mengerjakan tepat seperti yang diminta. Jika berbeda atau salah, maka akan terjadi aniaya fisik dan upah mungkin tidak dibayar. Pada masa ini martabat manusia tidak diperhatikan.

 

READ  Pemimpin Yang Gagal Berkata: "Turutilah Teladanku!"

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*