Kopi Papua Semakin Diminati Konsumen Mancanegara

<

Kopi dari Papua kini semakin diminati konsumen mancanegara, seperti Australia, Selandia Baru, dan Amerika.

Jakarta, legacynews.id – Bila berbicara kopi, kita sudah sangat mahfum dengan keterkenalan kopi asal Toraja atau Gayo, Aceh. Beberapa tahun silam, penulis pernah mengunjungi Gottingen, salah satu kota kecil di pinggir kota Hannover, atau sekitar 125 kilometer dari Ibu Kota Niedersachsen, Jerman.

Di pusat kota kecil Gottingen itu, penulis cukup merasa bangga karena bisa menemukan dan menikmati kopi Toraja di tengah-tengah dinginnya kota tersebut. Untuk secangkir kopi Toraja itu, penulis harus mengeluarkan sekitar 20 euro.

Seiring semakin mendunianya kopi asal Indonesia, kopi papua pun kini mulai dicari penikmat kopi dunia. Varian kopi papua pun cukup banyak yang tersedia, baik jenis robusta maupun arabica. Salah satu varietas kopi adalah kopi lembah baliem, yang ditanam di Wamena. Kopi ini memiliki sejarah panjang dan mulai diperkenalkan oleh Dinas Pertanian Belanda di era 1960-an.

Bila menengok sejarahnya, kopi wamena yang ditanam di ketinggian 1.400-2.700 meter di atas permukaan laut (mdpl) di Pegunungan Tengah Papua itu merupakan varietas kopi arabica terbaik dan berkualitas tinggi yang didatangkan dari Papua Nugini.

Begitu juga dengan kopi amungme. Kopi yang diproduksi di Kabupaten Timika, Papua, itu dibudidayakan suku Amungme. Kopi amungme memiliki struktur yang full-body, sedikit asam rasanya, beraroma manis yang sangat khas dan kuat serta memiliki after taste (rasa yang tertinggal) berupa rasa moka.

Demikian pula bila ingin merasakan nikmatnya kopi dengan rasa zat gizi yang tinggi dan rasa kopi yang lebih asam, jenis kopi ini dapat ditemukan pada kopi pegunungan bintang, kopi jenis arabika yang spesial.

READ  Duta-Duta Olahraga Merah Putih Menunjukkan Prestasi Terbaiknya

Semua jenis kopi itu kini sangat mudah ditemukan di sejumlah coffee shop yang tumbuh subur di Sentani dan Kota Jayapura.  Benar, kopi dari sejumlah daerah di Papua, bahkan kini sudah semakin diminati konsumen mancanegara, seperti Australia, Selandia Baru dan Amerika.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*