Legenda Senggigi Tetap Bisa Jadi Pilihan Menarik

<

Pada event besar seperti MotoGP 2022, pengunjung Mandalika kemungkinan membeludak. Ada banyak pilihan untuk menginap. Legenda Senggigi tetap bisa jadi pilihan menarik.

Lombok, legacynews.id – Sejumlah peta internasional masih menyebutnya sebagai The Lesser Sunda Islands alias Kepulauan Sunda Kecil. Secara resmi di Indonesia, kawasan itu disebut dengan nama Nusa Tenggara, yang terdiri dari Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Sumba, dan sejumlah lainnya. Di antara sederet pulau itu, Lombok akan menyita perhatian sejumlah kalangan, berkat kehadiran Sirkuit Mandalika, yang berlokasi di tepian teluk yang menghadap langsung ke Laut Selatan.

Lombok menjadi tuan rumah untuk seri penutup World Superbike (WSBK) yang berlangsung pada 19–21 November 2021 di Sirkuit Mandalika, yang telah diresmikan operasinya oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (12/11/2021). Sirkuit Mandalika itu dibangun guna meningkatkan potensi wisata Lombok Tengah. Mandalika bisa dicapai dalam tempo 15–20 menit dari Bandara Internasional Lombok (BIL).

Mereka yang akan menyaksikan lomba balap motor di Mandalika itu tak perlu bersusah payah mencari tempat akomodasi. Di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, di seputar sirkuit, saat ini sudah ada sejumlah hotel, yang menyediakan 302 kamar hotel bintang 4 dan 77 kamar kelas hotel melati. Sedikit di luar KEK Mandalika pun tersedia banyak kamar homestay dan resor-resor kelas melati.

Yang menjadi ikon penting di sana kini adalah Pullman Lombok Mandalika Beach Resort, yang merupakan hotel berkonsep resor dengan standar bintang lima. Hotel ini berdiri di atas lahan 27.000 m2, dengan jumlah kamar 257, terdiri dari 27 vila serta  230 kamar building. Pullman Mandalika itu  dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang rapat, restoran, kolam renang, pool bargym and spa, serta sarana ibadah. Hotel ini sudah memasuki tahap akhir penyelesaian.

READ  Program Pengentasan Daerah Dari Kemiskinan dan Ketertinggalan

Dalam waktu dekat diharapkan jumlah kamar yang tersedia di sekitar KEK Mandalika bakal berjumlah sedikitnya 1.700 unit, mulai dari homestay, melati hingga bintang lima. Jumlah itu tentu tidak mencukupi pada event besar seperti balap MotoGP yang akan dihelat pada Maret 2022.

Toh, ketersediaan kamar hotel bukan isu krusial. Pasalnya, di Lombok terdapat fasilitas penginapan yang juga akan memanjakan pengunjung. Kendati berlokasi di luar area Mandalika, aksesnya tetap mudah, terjangkau, dan menjanjikan pesona yang sama eloknya.

Selama di Mandalika, para pelancong penggemar olahraga otomotif bisa menikmati banyak spot di luar arena balap. Tidak perlu jauh-jauh, di sekeliling Laut Lombok, sebutan bagi kawasan perairan di depan Sirkuit Mandalika, ada bentang alam yang cantik. Ada Pantai Mandalika, Pantai Kuta, Pantai Pasir Merica, dan Pantai Seger. Pengunjung bisa berenang, snorkling di air yang bening, atau boleh juga sekadar menikmati sunset sambil menyeruput kopi.

Bergeser ke arah timur dari Mandalika ada Pantai Bukit Merese, Teluk Bukit Payung, dan Goa Kotak. Bila bergerak ke arah barat, sampai jarak 30 km, berderet pantai-pantai dengan pesona alamiahnya. Sebut saja Pantai Araguling, Mawun, Panggang, Belongas, Selong Belanak, Torok Nambung, dan Mekaki, yang sebagian secara administratif termasuk wilayah Kabupaten Lombok Barat. Dari deretan pantai itu ada yang belakangan menjadi buah bibir para pelancong, yakni Pantai Mekaki.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*