Menag Lantik Sejumlah Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri

<

Jakarta, legacynews.id – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas hari ini, Senin (6/6/2022) melantik sejumlah Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). Bersamaan itu, Menag juga mengukuhkan sejumlah Kepala Biro sesuai dengan Nomenklatur Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

Seremonial ini berlangsung di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jakarta.

Menag minta pejabat Kementerian Agama, termasuk di PTKN, bisa menjadi pemimpin yang baik bagi lingkungan kerjanya. “Para Rektor dan Kepala Biro PTKN harus bisa membuktikan bahwa saudara-saudara siap memajukan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri sesuai tugas dan fungsi yang diamanahkan kepada saudara,” pesannya.

Ditegaskan Menag,  perguruan tinggi yang unggul ditentukan tidak hanya oleh budaya akademik yang terbangun, tetapi juga dukungan teknis dan administrasi. Hal itu menjadi tugas Kepala Biro. Semua Universitas, Institut dan Sekolah Tinggi Keagamaan di lingkungan Kementerian Agama, lanjut Menag Yaqut,  bukanlah perguruan tinggi “kelas dua”. PTKN memiliki potensi, peluang dan keunggulan seperti perguruan tinggi lainnya.

“Beberapa PTKN telah membuktikan capaian itu, dan sebagian PTKN agar terus berbenah,” kata Menag Yaqut.

Menag minta, PTKN jangan hanya bangga bila telah meluluskan ribuan sarjana. Lebih dari itu, PTKN harus berhasil melahirkan “agamawan yang sarjana” dan “sarjana yang agamawan” serta membentuk kemandirian para lulusan.

“PTKN diharapkan melahirkan sarjana dan intelektual publik yang mempunyai tanggung jawab terhadap masa depan umat, bangsa, negara dan kemanusiaan,” pinta Menag Yaqut.

Berikut Rektor PTKN yang dilantik:
1. Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya;
2. Prof. Dr. Abdurrohman Kasdi, Lc., M.Si., sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Kudus;
3. Mujiyono, S.Ag., M.Ag., sebagai Rektor Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya;
4. Dr. Syafi’i, M.Ag., menjadi Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Administrasi Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama.

READ  Menag Ajak Pimpinan Ormas Keagamaan Untuk Pencegahan dan Penanganan Pandemi

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*