Mengenang Tokoh Bangsa Bapak Sabam Sirait

<

Jakarta, legacynews.id – Mengenang Tokoh Bangsa Bapak Sabam Sirait yang berpulang 1 tahun silam, Yayasan Komunikasi Indonesia(YKI), Pengurus Nasional Perkumpulan Senior (PNPS) GMKI, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Program Doktor Hukum UKI dan Persatuan Wartawan Nasrani (PEWARNA) menyelenggarakan serangkaian kegiatan yakni: Ziarah bersama di TMP Kalibata, kemudian dilanjutkan  Ibadah dan Seminar dengan Tema: “Mencermati RKUHP Dalam Merawat Ideologi Pancasila” siang di Aula UKI Jalan Diponegoro

Ziarah bersama di TMP Kalibata, Jakarta Selatan selain dihadiri tokoh-tokoh Kristen juga dihadiri   Ibu dr. Sondang Sidabutar didampingi dr. Batara Imanuel, Mira Sirait, menantu dan cucu-cucunya,  Kamis (29/09/2022) Pukul 09.00-10.00. Adapun rangkaian acara penyampaian kenangan dengan alm. Sabam Sirait dari para tokoh yang hadir, doa bersama dan acara Tabur Bunga.

Tampak hadir di TMP Kalibata Ketua Umum PGI  Pdt. Gomar Gultom, Dr. Bernard Nainggolan, Ir. Robert Sitorus,  Drs. RE. Nainggolan, Pdt. Bambang Jonan,  Pdt. Dr. Binsar Pakpahan, Ir. Nelson Simanjuntak, Abadi Hutagalung dan tokoh lain yang dekat alm Sabam Sirait semasa hidupnya.

Seperti diketahui Sabam Sirait dikenal seorang negarawan dan politisi kawakan bersama 7 presiden RI yang berpulang 29 September 2021 tepat satu tahun hari ini. Ia lama  berkecimpung sebagai Anggota DPR, DPD, MPR dan DPA RI. Namanya juga sedang diusulkan menjadi Pahlawan Nasional Tahun 2022.

Ketua Umum YKI Dr. Bernard Nainggolan mengungkapkan bahwa ternyata sudah satu tahun Bang Sabam meninggalkan kita.  Selama  satu tahun ini  kita belum menggali  pikiran-pikiran original-nya yang mengingatkan beberapa peristiwa yang betul-betul penting, seperti kita diingatkan mewaspadai kelompok-kelompok  pemikiran Pancasila tidak relevan dalam kehidupan. Mereka ada dikelompok, ada partai dan lainnya.

“Harus dipikirkan aktualisasinya supaya itu  tidak terjadi. Pancasila satu-satunya membuat kita bersama-sama meski dalam pemikiran berbeda,  karena itu Pancasila harus kita pertahankan bersama,” ujarnya.

READ  Luhut Pandjaitan: Kalian Harus Bekerja Keras dan Berbuat Baik

Bang Sabam sering mengutip pandangan TB Simatupang tokoh yang dikagumi mengatakan  bahwa Pancasila membuat kita untuk menghargai perbedaan meski ada perselisihan, kita tetap meyakini satu bangsa dalam bingkai NKRI.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*