Pasien Isolasi Mandiri Dapat Layanan Dokter dan Obat Gratis

<

Kementerian Kesehatan memperluas layanan konsultasi dokter dan penyediaan obat gratis bagi para pasien yang isolasi mandiri di 8 kota di Jawa dan Bali.


Jakarta, legacynews.com – Untuk menekan risiko tatap muka antara dokter dan pasien Covid-19 tanpa gejala atau ringan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan 11 platform layanan telemedisin atau telemedicine menyediakan layanan konsultasi daring dan penyediaan obat gratis bagi para pasien yang isolasi mandiri (isoman).

Oleh karena itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan mulai 22 Juli 2021, Kemenkes RI memperluas jangkauan penggunaan layanan telemedisin di wilayah Jawa dan Bali. Meskipun demikian, penggunaannya baru menjangkau skala perkotaan di wilayah tersebut.

Sebelumnya sejak awal Juli 2021, layanan telemedisin ini diujicobakan di DKI Jakarta kemudian diperluas sehingga mencakup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Selain Jabodetabek, kini penggunaan layanan telemedisin ini diperluas lagi, antara lain Kota Karawang, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Yogyakarta, Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kota Denpasar.

Ada 11 platform telemedisin di Indonesia yang bekerjasama dengan Kemenkes antara lain Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell.

Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR/Antigen di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan. Saat ini sudah ada 742 laboratorium yang terafiliasi dengan NAR Kemenkes.

Masyarakat bisa mengecek laboratorium di seluruh tanah air yang terafiliasi ke Kemenkes melalui tautan di bawah ini:

 

READ  Bersiap Pekan Paralimpik Nasional 2021 di Tanah Papua

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*