Pembelajaran Tentang Agama-Agama di Indonesia Pada Ruang Kelas

<

Foto karya Ence Abdurokhim, Juara 1 Lomba Foto Bercerita Moderasi Beragama

Jakarta, legacynews.id – Sebuah foto yang menggambarkan pembelajaran tentang agama-agama di Indonesia pada sebuah ruang kelas, menjadi pembuka dari delapan buah foto bercerita karya Ence Abdurokhim.

Rangkaian foto berjudul “Outing Class Toleransi Beragama Ditanamkan Sejak Usia Dini” ini berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Foto Bercerita Moderasi Beragama yang digelar Kementerian Agama sejak 11 Oktober – 11 November lalu. Video pengumuman hasil lomba tersebut telah diunggah di kanal Youtube Kemenag pada Senin, 20 Desember 2021.

Di foto pertama tersebut, tampak seorang guru tengah memperlihatkan nama enam agama yang mayoritas dipeluk oleh masyarakat Indonesia.

“Indonesia adalah bangsa besar yang kaya ragam aneka budaya, adat, tradisi, agama dan kepercayaan.  Sikap saling menghargai dalam setiap perbedaan menjadi kunci untuk membangun kerukunan, persatuan dan kesatuan NKRI,” tulis Ence  mendeskripsikan karya tersebut dalam akun instagramnya @abdire_ra

“Masa kanak-kanak adalah masa emas untuk memulai ditanamkan pendidikan toleransi beragama,” imbuhnya.

Beralih ke foto-foto berikutnya, digambarkan bahwa sang guru ternyata juga membawa peserta didiknya mengunjungi rumah-rumah ibadah dari agama-agama yang ada. Mulai dari gereja, kelenteng, pura, vihara, dan masjid.

Menurut Ence, foto-foto tersebut adalah potret pendidikan toleransi yang dilakukan di SDN Purwodingratan Surakarta, Jawa Tengah.

“SDN Purwodingratan Surakarta, Jawa Tengah  gencar mengenalkan pendidikan toleransi beragama melalui pembelajaran tatap muka dan pelajaran di luar kelas dengan mengunjungi tempat-tempat beribadah di kota Solo,” tulis Ence.

“Aksi kunjungan ini dimaksudkan untuk mengenal dan melihat secara langsung di dunia nyata, tidak hanya dari teori saja,” tutupnya.

 

READ  Kemenag Menyusun Peta Jalan (Roadmap) Penguatan Masjid

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*