STT LETS Menjawab Tantangan Jaman Sebagai Sekolah Pembaharu

<

Jakarta, legacynews.id – Saat memilih perguruan tinggi tentu banyak sekali pertimbangan bagi calon mahasiswa maupun orang tua, semua orang menginginkan setelah lulus maka dapat mengisi lowongan kerja sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, memiliki jenjang karir yang pasti, berpenghasilan yang mencukupi dan seterusnya.

Apa yang membuat orang tua dan mahasiswa STT LETS (Lighthouse Equipping Theological School) memilih bergabung ? Apa unggulan dan benefit yang bisa diperoleh mahasiswa ?

Dr. Jakoep Ezra seorang peneliti senior, Character Spesialist, founder dari Power character  memberikan beberapa pandangan mengenai pembelajaran di STT LETS yakni:

Pemimpin adalah panutan alami. kepemimpinan berkarakter adalah kemampuan seorang panutan berespons benar, ketika situasi atau orang lain tidak benar. Respons benar seorang pemimpin selalu dilihat dan dicontoh oleh pengikutnya.

Pemimpin yang berada didepan dalam teori kepemimpinan pendidikan yang dikembangkan Ki hajar Dewantara disebut Ing ngarso sung tulodo, artinya yang didepan akan menjadi teladan.

Setiap pemimpin dituntut mampu berespons benar, itulah kepemimpinan yang berkarakter.

Model kepemimpinan yang mewakili benua Asia, Eropa, Australia & Amerika, diteliti oleh Kouzes & Posner (2007:48) meliputi 20 karakter alamiah atau hasil sebuah pelatihan. inilah 20 karakteristiknya:

  1. Berintegritas
  2. Visioner
  3. Mampu menginspirasi
  4. Terampil dengan cekatan
  5. Mampu memutuskan dengan adil
  6. Mampu memotivasi
  7. Berwawasan luas
  8. Logis imajinatif
  9. Asetif
  10. Dapat diandalkan
  11. Siap menghadapi risiko
  12. Siap bekerja sama
  13. Berpikir solutif
  14. Responsif
  15. Berkomitmen kuat
  16. Tegas dalam keputusan
  17. Memiliki tujuan yang jelas
  18. Be kemauan kuat
  19. Mampu mengelola emosi
  20. Interdipenden
READ  Pemerintah Dukung Pemulihan Industri Pariwisata Pada 2022

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*