Terapkan Analog Switch Off Secara Bertahap Mulai 30 April 2022

<

Kementerian Kominfo menerapkan analog switch off (ASO) secara bertahap mulai 30 April 2022 meliputi 56 wilayah layanan siaran yang menjangkau 166 kabupaten/kota.

Jakarta, legacynews.id – Pemerintah telah memulai tahapan implementasi siaran televisi digital sejak Agustus 2019. Pada tahun 2022 pemerintah mulai menerapkan analog switch off (ASO) secara penuh. Terdapat 341 kabupaten/kota yang mengalami perpindahan dari siaran tv analog menjadi digital.

Kementerian Kominfo membagi tiga tahapan ASO yang meliputi tahap pertama pada 30 April 2022 di 56 wilayah layanan siaran di 166 kabupaten dan kota. Adapun tahap kedua dilaksanakan paling lambat 25 Agustus 2022 di 31 wilayah layanan siaran di 110 kabupaten dan kota. Sedangkan tahap ketiga pada 2 November 2022 di 25 wilayah layanan siaran di 65 kabupaten dan kota.

“Dengan demikian, terdapat total ada 112 wilayah layanan siaran di 341 kabupaten dan kota yang menjadi wilayah implementasi ASO,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Hal itu diutarakan Menkominfo dalam Rapat Kerja bersama Komisi I DPR RI dan Rapat Dengar Pendapat dengan Dewan Pengawas dan Direktur Utama LPP TVRI mengenai Pelaksanaan Digitalisasi Penyiaran, di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Kementerian Kominfo mencatat dari 112 wilayah layanan siaran yang menjadi target ASO di seluruh Indonesia, terdapat 90 wilayah atau sebanyak 80,63 persen telah memiliki infrastruktur multipleksing dengan jumlah yang memadai untuk implementasi ASO.

Dari sekian daerah tersebut, Menteri Johnny menerangkan, untuk daerah-daerah pada tahap ASO pertama, persentase kesiapan infrastruktur multipleksing sudah 100 persen. Artinya, jumlah minimal slot multipleksing yang dibutuhkan untuk menampung peralihan setiap siaran televisi analog telah tersedia.

READ  Indonesia Harapkan Perdamaian dan Stabilitas Dapat Tercipta di Afghanistan

Wilayah ASO Tahap I yang dijadwalkan 30 April 2022, meliputi Kota Sabang (Aceh), Kota Banda Aceh (Aceh), Kabupaten Karo (Sumut), Kota Padang (Sumbar), Kota Bukittinggi (Sumbar), Kota Garut (Jabar), Kota Cilegon (Banten), Kabupaten Banyumas (Jateng), Kabupaten Sampang (Jatim), Kota Denpasar (Bali), Kabupaten Kupang (NTT), Kabupaten Minahasa (Sulut), Kota Samarinda (Kaltim), Kota Gowa (Sulsel), Kabupaten Mimika (Papua), dan Kabupaten Manokwari (Papua Barat).

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*