UIN Ar-Raniry Aceh Berhasil Menembus Scopus

<

Jakarta, legacynews.id – Satu demi satu jurnal terbitan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terindeks scopus. Per 7 Agustus 2022, giliran Jurnal Ilmiah Islam Futura (JIIF) terbitan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Aceh yang berhasil menembus Scopus, salah satu indeks jurnal terpercaya tingkat dunia.

JIIF selama ini fokus pada penerbitan artikel yang berkenaan dengan ilmu-ilmu keislaman di Aceh dan Samudera Hindia. “Tentu, ini merupakan hasil jerih payah, kolaborasi dan ketekunan semua pihak, baik pimpinan kampus UIN Aceh maupun para pengeloa Jurnal Ilmiah Islam Futura, yang luar biasa. Untuk itu, saya sampaikan selamat dan terima kasih yang tulus,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, di Jakarta, Senin (8/8/2022).

Pria yang akrab disapa Kang Dhani ini mengibaratkan jurnal dan riset seperti permainan bola, dan capaian kualitas jurnal adalah golnya. Hasil-hasil riset yang bagus akan dipublikasikan pada jurnal yang bagus pula. Jika jurnalnya berkualitas, artinya hasil riset yang dipublikasikan juga bagus.

“Maka, seberapa banyak artikel yang terpublikasi dan seberapa banyak peraihan jurnal internasional bereputasi itu merupakan cetakan angka gol yang diraihnya,” ungkap guru besar UIN Bandung ini.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Amien Suyitno, melihat capaian yang diraih merupakan jerih payah dari konsistensi dan sejumlah program afirmasi Diktis. Di awal pandemi, Diktis terus mengintensifkan bimbingan dan pendampingan bagi para pengelola jurnal agar mampu meraih prestasi menjadi jurnal internasional bereputasi.

“Hari ini kita mulai memanennya, dan itu diharapkan berimplikasi pada semakin besarnya kontribusi PTKI untuk dunia,” ungkap Amien Suyitno.

Guru besar UIN Palembang ini bersyukur, capaian jurnal internasional bereputasi di lingkungan Kementerian Agama cukup cepat. Dalam beberapa bulan terakhir, hampir setiap satu atau dua minggu, ada jurnal yang terindeks di Scopus.

READ  Pernyataan Sikap Majelis Umat Kristen Indonesia Tentang Penistaan Agama

Tanggal 20 Juli 2022 misalnya, Jurnal Ulumuna UIN Mataram terindeks scopus. Sepekan kemudian,  27 Juli 2022, giliran Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. Sebelas hari kemudian, tepatnya 7 Agustus 2022,  JIIF UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga bertengger pada Scopus.

“Semua jurnal yang terindeks scopus, dengan sendirinya meraih Sinta 1 dan masuk dalam jurnal internasional bereputasi,” terangnya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*