Yaqut Cholil Qoumas Ingatkan Tentang Aswaja dan Kearifan Lokal

<

Jakarta, legacynews.id – Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) hari ini menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I sekaligus mengukuhkan pengurus Asosiasi Dosen Pergerakan (ADP).

Rakernas I ADP yang mengusung tema ‘Mewujudkan SDM Dosen Unggul menuju Indonesia Emas’ ini digelar secara luring dan daring dari kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam arahannya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan dosen atau tenaga pendidik di perguruan tinggi merupakan komponen penting dan modal utama pembangunan bangsa. Pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan daya saing SDM yang sehat, cerdas, adaptif, inovatif, terampil, dan berkarakter.

“Dosen yang tergabung dalam ADP memiliki posisi sangat strategis dalam mewujudkan Indonesia unggul menyongsong Indonesia Emas 2045 yang penuh dengan tantangan di tengah keragaman,” kata Menag, Jumat (27/8/2021).

“Apalagi, para Dosen ADP memiliki paham, nilai-nilai dan tradisi ahlussunnah wal jamaah yang peaceful dan moderat. Tentu sangat dibutuhkan oleh Indonesia di tengah maraknya fenomena berkembangnya paham, sikap, dan perilaku ekstrem,” sambungnya.

Menurut Menag, ADP harus hadir menjadi kekuatan untuk membangun tata dunia global yang humanis, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan di satu sisi dan ikut membangun Indonesia yang kuat, berkarakter dan moderat.

Kementerian Agama, lanjut Menag, telah berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas pendidikan karakter keagamaan dan mengintegrasikannya melalui nilai-nilai kebangsaan, kemandirian, dan gotong royong.

READ  Penguatan Moderasi Beragama Generasi Muda Lintas Agama

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*