Museum Nasional Indonesia Jakarta Menampilkan Teknologi Imersif

<

Di Museum Nasional Indonesia, terdapat ruang tiga dimensi yang dapat membuat pengunjung seolah-olah ada di dalam video yang ditampilkan. Dinding dan lantai diproyeksikan gambar bergerak yang dilengkapi dengan tata suara.

Jakarta, legacynews.id – Mulai pertengahan April 2022 Museum Nasional Indonesia Jakarta menampilkan wahana baru. Pengunjung akan merasakan pengalaman interaktif mengenali sejarah peradaban Indonesia lewat teknologi imersif.

Teknologi imersif merupakan sebuah teknologi informasi tiga dimensi, di mana seluruh dinding dan lantai di sebuah ruangan diproyeksikan gambar bergerak yang dilengkapi dengan tata suara, sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman yang unik dan menarik.

Ruang ImersifA hadir di Gedung A Museum Nasional Indonesia dan telah resmi diluncurkan pada Kamis, 31 Maret 2022, oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hilmar Farid.

Ruang ImersifA merupakan instalasi permanen video mapping dengan ukuran 12 meter x 21 meter. Ruang imersifA ini didukung dengan kurang lebih 20 proyektor buatan Panasonic.

Dengan teknologi maju itu membuat masyarakat seolah-olah ada di dalam video tersebut. Pada setiap sesi pertunjukan, sajian video mapping berdurasi 30 menit yang diproyeksi dengan sudut 360 derajat, termasuk lantai.

Pengunjung yang menyaksikan akan merasakan sensasi seolah-olah ada di dalam video. Dinding yang mengelilingi dan lantai yang dipijak menjadi layar yang memutar pertunjukan.

Konten ImersifA menampilkan sejarah Indonesia dalam konsep alam, masyarakat, sejarah, dan budaya, dari masa ke masa. Di ruang ini, pengunjung akan berpetualang, mengalami dunia dari sudut pandang pelaku sejarah.

 

READ  Vaksin Untuk Melindungi Kita Terutama Yang Usia Lanjut

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*