Rekomendasi Pekabaran Injil 2021 Bagian 4

<

TEMA API INJIL TERUS MENYALA

17-19 Nopember 2021

Di Kotaraja, Jayapura, Papua

No.4. Mengupayakan kegiatan bersama, karena munculnya fragmentasi persaingan antar gereja dan antar agama.

(Ditandatangani: PGLII; PGI; PGGP; Sekretaris KomHAK KWI; GIDI; GKII; PGGS; FKUB Prov Papua; LAI; MAF; PGPI; JDN)

 

Rekomendasi Dan Aksi Bersama

Dengan semangat kesatuan dan kebersamaan sebagai bagian yang utuh dari persekutuan tubuh Kristus, maka Konferensi Pekabaran Injil 2021 merekomendasikan:

4. Mengupayakan kegiatan bersama terutama di tengah maraknya pola hidup tradisional yang tidak sesuai dengan nilai Injil, maupun gaya hidup modern yang pragmatis, serta kecenderungan munculnya fragmentasi dalam persaingan antar gereja dan antar agama.

Arus perubahan di zaman ini terjadi begitu cepat, sehingga gap antara masyarakat tradisional dengan masyarakat yang ikut dalam perubahan sangat lebar.

Salah satu pola kehidupan masyarakat tradisional yang kuat dengan keyakinan adat istiadat dan ajaran nenek moyang, kerap tidak sesuai dengan nilai-nilai Injil.

Namun dalam konteks seperti ini muncul situasi pragmatisme yang di beberapa sisi menjadi sangat primordialistik dan individualistik, suatu masyarakat termasuk warga gereja yang terperangkap pada persaingan antar gereja dan antar agama.

Gereja saya lebih baik, lebih Alkitabiah dari pada gereja Anda! Dampaknya warga dan pemimpin gereja terjebak dalam fragmentasi konyol dengan hidup secara eksklusif, benar untuk diri sendiri.

Demikian juga persaingan antar agama, sekalipun selalu muncul pengakuan semua agama baik, namun agama saya jauh lebih benar!

Mari bangun dialog dan kerja sama untuk melewati batas-batas eksklusivisme lalu keluar berjumpa di ruang pembangunan bersama.

Salam Injili

Pdt. DR. Ronny Mandang, MTh.

Ketum PGLII – Persekutuan Gereja-Gereja dan Lembaga-Lembaga Injili Indonesia

READ  Bukan Wacana Tetapi Tindakan Beritakan Injil

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*