Teknologi Dukung Sektor UMKM Bertahan Di Tengah Pandemi Covid-19

<

Kemajuan teknologi mendukung sektor UMKM bertahan di tengah pandemi Covid-19. Digitalisasi produk dan layanan keuangan maupun aktivitas bisnis online, mampu dimanfaatkan beberapa pelaku UMKM.

Jakarta, legacynews.id – Digitalisasi melahirkan banyak peluang baru. Tak terkecuali bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kondisi itu menuntut mereka yang berusaha di sektor UMKM harus berakselerasi meningkatkan kapasitasnya, khususnya pemanfaatan digitalisasi.

Apalagi kemudahan akses sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan lembaga, produk dan layanan jasa keuangan atau inklusi keuangan, terus didorong pemerintah. Tujuannya adalah membangun sektor keuangan yang kuat dan inklusif, serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Bila semua itu bisa dilakukan, sektor UMKM berpeluang mendongkrak produktivitasnya. Persoalan ini pula yang diungkap di International Seminar on Digital Financial Inclusion yang menjadi side event dari 1st G20 Global Partnership for Financial Inclusion (GPFI), Rabu (2/2/2022), salah satunya dari Deputi Gubernur BI Doni P Joewono.

Selain Doni, hadir pembicara dalam seminar dari sisi regulator, yaitu pihak OJK dan lembaga internasional World Bank dan Better Than Cash Alliance (BTCA), serta pelaku industri, yaitu GoTo dari Indonesia dan Avanti Finance dari India.

Diskusi juga mempertemukan pandangan dari para pihak, baik dari regulator maupun industri, terhadap isu dan kendala yang muncul dalam rangka akselerasi inklusi keuangan digital untuk mendorong inklusi ekonomi.

Dengan memanfaatkan digitalisasi, inklusi keuangan dapat didorong untuk  meningkatkan produktivitas dan inklusivitas ekonomi yang berkesinambungan, khususnya pada pelaku UMKM, termasuk UMKM yang dimiliki oleh perempuan dan kaum muda.

Doni menyampaikan, faktor kemajuan teknologi, digitalisasi produk dan layanan keuangan, serta aktivitas bisnis online mendukung UMKM dalam mempertahankan pendapatan dan bisnis di tengah pandemi Covid-19. UMKM di Indonesia, katanya, terbukti mampu beradaptasi dengan cepat dan beralih ke bisnis berbasis digital.

READ  Regulasi Desain Besar Olahraga Nasional

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*