Apa Yang Terjadi Pada Kaum Evangelis di Gereja di Wales?

<

Badan pemerintahan dari denominasi itu – yang Anglikan, tetapi terpisah dari Gereja Inggris – memberikan suara pada pertemuan terakhirnya untuk mengizinkan pendeta untuk ‘memberkati’ kemitraan sipil dan pernikahan sesama jenis. Ini adalah kabar baik bagi kaum liberal dan progresif yang mendominasi Gereja di Wales, tetapi bukan kabar baik bagi kaum evangelis dan lainnya yang terus mewakili posisi mayoritas Kristen yang ditemukan di antara sebagian besar Anglikan, Katolik Roma, Ortodoks Timur, dan lainnya.

Sepintas, klausa pengecualian tampaknya menjadi semacam klausa keluar bagi kaum evangelikal, karena ‘tidak ada pendeta Gereja di Wales yang wajib memimpin’ pada kebaktian semacam itu. Namun, tampaknya para uskup Welsh bersikeras bahwa pendeta yang tidak dapat dengan hati nurani yang baik menerima berkat seperti itu wajib merujuk pasangan yang bertanya kepada mereka, sehingga seorang menteri alternatif dapat ditemukan.

Jadi dalam prakteknya kaum injili dipaksa untuk berpartisipasi dalam membuat sesuatu terjadi bahkan jika mereka tidak dapat melakukannya sendiri dengan hati nurani. Itu sama sekali bukan jalan keluar.

Mendengar dari evangelis di Gereja di Wales, jelas bahwa beberapa merasa putus asa, putus asa, disalahpahami dan terisolasi. Jadi, dukungan seperti apa yang bisa membantu?

  1. Doa. Beberapa evangelis akan meninggalkan Gereja di Wales, tanpa pertanyaan. Ada orang-orang yang pasti akan tinggal. Tampaknya ada juga sejumlah besar yang berdoa dan mencari petunjuk Tuhan tentang apa yang harus mereka lakukan, dan saat ini tidak yakin.

Seorang evangelis Welsh menulis kepada saya: ‘Kita semua membutuhkan hikmat Tuhan, dan satu hal yang telah kita bicarakan di sini adalah pentingnya kesatuan semangat antara evangelis, dan dukungan satu sama lain, apakah orang tinggal, atau pergi. Saya pikir akan lebih baik juga untuk berdoa secara khusus bagi kaum injili dalam posisi berpengaruh, misalnya, pelatihan teologi, diakon Agung, dll.’

READ  Banyak Orang ​​Kristen Afghanistan Takut Taliban Akan Ambil Anak-Anak Mereka     

Permintaan lainnya adalah ‘untuk berdoa agar kita semua tetap memiliki semangat yang benar – tidak menjadi marah, atau pahit, dengan cara yang sedang berjalan, dan untuk pertumbuhan rohani dan jumlah, terlepas dari apa yang telah terjadi. Tolong juga doakan mereka yang merasa sangat tertekan dengan seluruh situasi ini’.

  1. Uskup. Anda seorang evangelis di Gereja di Wales. Anda menemukan bahwa semua Uskup – semuanya– mendukung perubahan ini. Anda tidak dapat dengan hati nurani yang baik sebelum Tuhan menerima pengawasan uskup mereka lagi. Kepada siapa Anda berpaling untuk pengawasan episkopal alternatif?

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*