Kawasan Pantura Jawa Terdapat Sejumlah Titik Kuliner Tradisional

<

Sepanjang jalur mudik dan balik di kawasan Pantai Utara (Pantura) Jawa terdapat sejumlah titik kuliner tradisional yang belum tentu dapat ditemui di daerah lain.

Jakarta, legacynews.id – Digelarnya kembali kegiatan mudik bagi seluruh masyarakat pada momentum Lebaran 2022 menjadi kesempatan terbaik untuk melanjutkan tradisi silaturahmi mengunjungi sanak saudara di kampung halaman. Kementerian Perhubungan melansir, sebanyak 85,5 juta orang melakukan mudik pada lebaran kali ini.

Mereka selama dua lebaran terakhir tidak dapat berkumpul bersama sanak keluarga di kampung halaman masing-masing karena mengikuti imbauan pemerintah yang meniadakan mudik. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sebanyak 58,8 persen dari para pemudik melakukan mudik dengan tujuan berbagai daerah di Pulau Jawa. Tak hanya berkumpul dengan handai taulan, mereka pun tentu ingin melepas rindu mencicipi aneka kuliner tradisional di kampung halaman yang belum tentu dapat ditemui di perantauan.

Tiap daerah di Jawa memiliki tradisi kuliner yang berbeda satu dengan lainnya. Ada masakan berkuah; ada aneka kuliner sate berbahan daging ayam, kambing, sapi, dan kerbau; hingga beragam sajian nasi dengan lauk aneka rasa. Jalur mudik dan balik pantai utara Jawa menyuguhkan banyak pilihan kuliner berkesan bagi para pemudik.

Berikut ini adalah beberapa di antaranya seperti dikutip dari buku Yuk Mampir: Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan serta beberapa sumber lainnya.

 

READ  Pembantaian Manusia di Nigeria Harus Segera Dihentikan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*