Paus Fransiskus Mendoakan Perdamaian di Tengah Invasi Putin

<

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dia berterima kasih kepada Paus Fransiskus atas panggilan telepon di mana pemimpin Gereja Katolik mengatakan kepadanya bahwa dia berdoa untuk perdamaian ketika pasukan Rusia terus menyerang negara bekas Soviet itu. Empat hari pertempuran telah menyebabkan ratusan kematian warga sipil dan ribuan warga Ukraina mengungsi.

Presiden Zelensky menulis di Twitter pada hari Sabtu bahwa dia “berterima kasih kepada Paus Fransiskus @Pontifex karena berdoa untuk perdamaian di Ukraina dan gencatan senjata. Orang-orang Ukraina merasakan dukungan spiritual Yang Mulia,” lapor The Catholic Telegraph .

Kedutaan Besar Ukraina untuk Takhta Suci mengatakan Fransiskus berbicara dengan Zelensky di telepon pada hari Sabtu. “Bapa Suci mengungkapkan kesedihannya yang terdalam atas peristiwa tragis yang terjadi di negara kita,” tulis kedutaan di Twitter .

Menteri Kesehatan Ukraina hari Sabtu mengumumkan bahwa sedikitnya 198 warga sipil, termasuk tiga anak-anak, telah dibunuh oleh pasukan Rusia. Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan percaya “angka sebenarnya jauh lebih tinggi” karena pejabat yang menilai situasi belum mengkonfirmasi laporan lain.

Lebih dari 120.000 orang telah meninggalkan Ukraina sejak invasi Rusia ke Ukraina, perang darat terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II.

Dalam keberangkatan dari protokol diplomatik, Paus pada hari Jumat melakukan kunjungan mendadak ke kedutaan Rusia di Vatikan untuk mengungkapkan keprihatinannya atas invasi Rusia ke Ukraina, Reuters melaporkan .

Juru bicara Vatikan Matteo Bruni dikutip mengatakan bahwa Fransiskus menghabiskan lebih dari setengah jam di kedutaan. “Dia pergi untuk mengungkapkan keprihatinannya atas perang.”

Duta Besar Rusia dikutip mengatakan bahwa paus “menyerukan perlindungan anak-anak, perlindungan orang sakit dan penderitaan, dan perlindungan orang-orang.”

READ  Afrika Barat Menjadi ‘hotspot’ Persekusi Kristen Tahun 2022

 

1 Komentar

  1. Mari kita semua berdoa buat Ukraina dan Rusia agar segera menghentikan peperangan. Biar dari kedua kubu duduk bersama untuk berunding mencari solusi damai.Tidak ada keberuntungan bagi kedua pihak yg berperang.Stop untuk saling membunuh.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*