Pelatihan Programming & Digital Marketing Tanpa Dipungut Biaya

/script>

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengenal dunia digital melalui pelatihan gratis atau tidak dipungut biaya. PEXEL

Diskominfo Jawa Barat menggelar pelatihan programming dan digital marketing selama 2–5 bulan dan tanpa dipungut biaya. Pendaftaran ditutup pada 29 Februari 2024.

Jakarta, legacynews.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengenal dunia digital melalui pelatihan gratis atau tidak dipungut biaya. Pelatihan itu mencakup pemograman (programming) dan pemasaran digital (digital marketing) bernama Jabar Digital Academy 2024.

Ini adalah program peningkatan literasi dan kompetensi digital melalui seminar, pelatihan, pengembangan komunitas, dan kegiatan lainnya di ranah digital untuk warga Jabar. Tujuannya, melatih peserta agar siap kerja, mengembangkan karier, dan menjadi pemimpin inovasi di masa depan. Pendaftaran ditutup pada 29 Februari 2024.

Seperti dikutip dari website resminya, Jumat (16/2/2024), kegiatan ini telah meluluskan sebanyak 1.425 peserta sebagai alumni. Selain itu, alumni kegiatan ini dapat disalurkan kepada lebih dari 80 perusahaan mitra Jabar Digital Academy (JDA). Tidak hanya kelas online, di JDA juga terdapat kelas super intensif onsite selama satu bulan dan gratis untuk beberapa kelas tertentu.

Sejumlah nama yang berpengalaman di bidang programming dan digital marketing ikut menjadi mentor selama JDA berlangsung.  Setiap peserta juga mendapatkan kemudahan mengakses materi belajar secara gratis yang bisa diakses kapan saja (open educational resources).

Sejauh ini, program JDA memiliki dua kelas dan dapat dipilih oleh peserta sesuai kebutuhan belajar. Pertama adalah kelas programming (full stack) di mana para peserta mengikuti pelatihan dasar pemograman secara intensif selama 2–5 bulan. Kedua yaitu kelas digital marketing untuk meningkatkan kemampuan digital marketing peserta melalui pelatihan intensif selama 2–5 bulan.

READ  Kominfo Berikan Beasiswa Pendidikan S2 di luar negeri

Terdapat beberapa fase belajar pada program JDA yaitu Fase 1 secara online di mana semua orang bisa ikut tanpa perlu mengikut proses seleksi. Karena lebih ditekankan pada belajar mandiri. Materi Kelas Programming meliputi Computational ThinkingFundamental HTML & CSS, dan Fundamental PHP Logic. Sedangkan pada Kelas Digital Marketing diberikan materi seperti Computational ThinkingFundamental Digital Marketing, dan Fundamental Social Media.

Pada Fase 2 yang juga dilakukan online, pihak Diskominfo Jabar akan memilih 100 peserta saja untuk dibimbing oleh mentor berpengalaman meliputi mentor kelas utama dan mentor harian. Materi yang harus dikerjakan peserta meliputi Database FundamentalPHP Web Programming, dan Laravel Fundamental untuk Kelas Programming. Kemudian, Digital Marketing dan Social Media Management untuk Kelas Digital Marketing.

Terakhir adalah Fase 3 yang dilakukan secara tatap muka (offline) dan hanya diberikan kepada 50 peserta terpilih. Selain didampingi oleh mentor tetap, peserta juga diminta untuk membuat proyek akhir sebagai syarat kelulusan. Mereka juga diminta membuat portofolio dari pekerjaan yang telah dilakukan dalam JDA ini.

Diskominfo Jabar turut menggandeng Bappeda dan Dinas Pendidikan untuk menjalankan JDA 2024 ini. Berikut ini adalah persyaratan untuk mengikuti JDA 2024.

  1. Warga ber-KTP Jabar.
  2. Warga non-KTP Jabar diperkenankan mendaftar dengan syarat tengah berdomisili di Jabar dan dibuktikan dengan surat keterangan domisili.
  3. Minimal berusia 17 tahun dan tidak ada batasan maksimal usia.
  4. Minimal berpendidikan SMA/SMK/sederajat.
  5. Tidak dalam masa sekolah atau kuliah, namun mahasiswa tingkat akhir diperkenankan mendaftar.
  6. Tertarik dengan teknologi digital dan berkomitmen dalam mengikuti setiap kegiatan program.
  7. Khusus peserta Kelas Digital Marketing wajib memiliki telepon seluler pintar (smartphone) dengan RAM minimal 2 GB.
  8. Khusus peserta Kelas Programming harus memiliki laptop dengan spesfikasi:
READ  Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Terbuka Bagi Penerbangan Internasional

– Sistem operasi: Windows/Linux/MacOS 64-bit.

– Processor: minimal Intel Core I3 (atau yang setara).

– RAM: direkomendasikan di atas 4 GB.

– HDD/SSD: direkomendasikan free storage 30 GB.

Jadwal

  1. Pendaftaran: Ditutup 29 Februari 2024
  2. Pembukaan JDA 2024: 6 Maret 2024
  3. Fase 1 Online: 6 Maret–15 April 2024
  4. Fase 2 Online: 17 April–31 Mei 2024
  5. Fase 3 Onsite: 10 Juni–5 Juli 2024
  6. Presentasi Final: Juli 2024
  7. Wisuda: Agustus 2024

Informasi lebih lengkap bisa dilihat melalui tautan di s.id/DaftarJDA dan Instagram resmi JDA di @jabardigitalacademy. Bisa juga mengunjungi 

https://digitalacademy.jabarprov.go.id/.

Selamat mencoba. (indonesia.go.id)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*