Destinasi Wisata Alam Tanjung Rappa Pelangi Halmahera Barat

/script>

Tanjung Rappa Pelangi. Mutiara di Teluk Jailolo, Maluku Utara. KEMENDES

Konon destinasi wisata bernama Tanjung Rappa Pelangi merupakan lokasi pertemuan atau rapat antardesa.

Jakarta, legacynews.id – Wilayah Indonesia bagian timur terkenal dengan keindahan alamnya sebagai destinasi wisata, baik keindahan dari keragaman hayati dan biota lautnya, pantai putih dan kaya dengan ragam budaya. Salah satu destinasi wisata yang memikat di timur Indonesia terletak Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

Di kabupaten itu, sudah lama ditemukan adanya rempah-rempah dalam jumlah yang melimpah. Tak hanya itu, di sana juga dikenal memiliki budaya adat yang sangat unik.

Dalam konteks pariwisata, Halmahera Barat memang terkenal dengan beragam destinasi wisata alam yang luar biasa. Salah satunya adalah Tanjung Rappa Pelangi dengan kekhasan pantai yang unik yang terletak di Desa Bobanehena, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Bagi wisatawan yang berasal dari luar Maluku Utara dan ingin mengeksplorasi wisata Tanjung Rappa Pelangi, cukup menggunakan alat transportasi laut yang tersedia, berupa speedboat, yang akan membawa langsung ke Jailolo. Sesampainya di Pelabuhan Jailolo, tetamu bisa langsung menuju ke Desa Bobanehena menggunakan kendaraan roda dua atau empat dengan estimasi waktu 10 menit. Jika tertarik menjajal bentor (becak motor), maka ongkos akan dikenakan hanya Rp10.000.

Sebenarnya mengapa pantai nan elok itu dinamai Tanjung Rappa? Nyatanya warga setempat menuturkan, pemberian nama objek wisata itu didasari pada fungsi yang diyakini pernah melekat pada kawasan sekitar pantai itu, yakni sebagai lokasi pertemuan atau rapat antardesa.

Di pantai itu, pelancong akan mendapatkan disuguhi pemandangan alam yang relatif berbeda dengan di pantai pada umumnya. Pelancong tidak akan menemukan hamparan pasir putih khas pantai, melainkan malah disambut dengan bongkahan bebatuan bekas letusan gunung berapi berabad abad silam. Bongkahan batu-batu itu bahkan tampak “berserak” di sepanjang garis pantai, dipagari pepohonan bakau dengan pemandangan hijau perbukitan di seberangnya.

READ  Mengurus Perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

Di balik bongkahan bebatuan, ada taman tersembunyi yang begitu asri yang menaungi bangunan resort. Sehingga sejauh mata memandang Anda akan merasakan keteduhan saat menikmati panorama alam di sekitar tanjung tersebut.

Berkunjung ke Tanjung Rappa Pelangi akan semakin menarik bila wisatawan datang saat daerah tersebut menyelenggarakan festival seni dan budaya bernama Festival Teluk Jailolo. Festival itu biasanya diselenggarakan setiap tahun di bulan Juni.

Keindahan bawah laut di sekitar kawasan Pantai Tanjung Rappa Pelangi sangat memukau dan menarik untuk dijelajahi dengan cara snorkeling. Tempat ini juga dilengkapi dengan resort yang bangunannya terbuat dari kayu dan terletak di balik rumpun bakau di atas tanah.

Bagi pelancong jangan lupa juga untuk menikmati aneka kuliner khas setempat berupa papeda, pisang goreng yang dicocol sambal, dan air guraka es kelapa muda. Yuk, rencanakan wisata anda berkunjung dan mengeksploitasi keindahan Halmahera Barat. (indonesia.go.id)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*