Pentakosta Mengingat dan Menjangkau Yang Belum Terjangkau

<

Minggu Pentakosta, yang jatuh pada tanggal 5 Juni tahun ini, tepat dikenal sebagai “hari lahir” Gereja tetapi juga berfungsi sebagai pengingat bahwa misi utama orang Kristen adalah menjangkau yang belum terjangkau dengan Injil.

Minggu Pentakosta memperingati kedatangan Roh Kudus atas para pengikut awal Yesus, sebagaimana dicatat dalam Kisah Para Rasul 2:1-4  : “Ketika hari Pentakosta tiba, mereka semua berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba suara seperti tiupan angin kencang datang dari surga dan memenuhi seluruh rumah tempat mereka duduk. Mereka melihat apa yang tampak seperti lidah-lidah api yang terpisah dan hinggap pada mereka masing-masing. Mereka semua dipenuhi dengan Roh Kudus dan mulai berbicara dalam bahasa lain ketika Roh memampukan mereka.”

Pada hari Pentakosta, Petrus berkata, menurut Kisah Para Rasul 2:38,  39 , “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu. Dan Anda akan menerima karunia Roh Kudus. Janji itu adalah untuk Anda dan anak-anak Anda dan untuk semua orang yang masih jauh – untuk semua yang akan dipanggil oleh Tuhan, Allah kita.

Melalui Roh seseorang dapat menerima janji-janji Allah di dalam Yesus dengan menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Dan seperti yang dikatakan 1 Korintus 12:13 , “Sebab dalam satu Roh kita semua dibaptis menjadi satu tubuh—Yahudi atau Yunani, budak atau orang merdeka—dan mal dibuat untuk minum dari satu Roh,” itu adalah tempat tinggal Roh, sebagai hasil dari menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat seseorang, yang membuat seseorang menjadi Kristen dan bagian dari Gereja.

Sama pentingnya adalah apa yang Yesus katakan tentang misi setelah orang percaya mula-mula akan menerima Roh. Itu disebut Amanat Agung.t

READ  Hancurnya Keyakinan Alkitabiah Dari Orang Kristen Lahir Baru

Sebelum kenaikan-Nya, Dia telah menginstruksikan murid-murid-Nya untuk tidak meninggalkan Yerusalem dan menunggu “pemberian yang dijanjikan Bapa-Ku.” Dia berjanji bahwa ketika Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menerima kuasa dan menjadi saksi-Nya di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung dunia, menurut  Kisah Para Rasul 1:4 ,  8 .

Sebuah gerakan Injil, Alliance for the Unreached, merayakan hari Minggu Pentakosta setiap tahun sebagai Hari Internasional untuk Orang-Orang yang Belum Terjangkau.

“Hari ini, lebih dari 3 miliar orang, sepertiga dari umat manusia, belum mendengar kabar baik tentang Yesus,” kata aliansi itu di situs webnya .

Sesaat sebelum naik kembali ke takhta Bapa, Yesus berkata, “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku, baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, ajar mereka untuk melakukan semua yang Aku perintahkan kepadamu; dan lihatlah, Aku menyertai kamu selalu, bahkan sampai akhir zaman.”

[Anugrah Kumar, Christian Post Contributor]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*