Pertama Dalam Sejarah MotoGP Pebalap Parade Menyusuri Jalan Raya

<

Ada aksi burnout untuk membalas sambutan ribuan warga dan penggemar MotoGP yang berbaris di sepanjang jalan rute parade menyambut pujaan mereka. Inilah pertama kali dalam sejarah MotoGP, para pebalapnya melakukan parade bersama menyusuri jalan raya.

Jakarta, legacynews.id – Pemandangan tidak biasa di Jalan Merdeka Utara tepat di depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (16/3/2022) pagi. Sebanyak 20 motor besar berbagai model seperti Honda RC213V-S, Yamaha YZF-R1, Ducati Panigale V2, Ducati 1199 Panigale, Suzuki Gixxer SF 250. Sepintas, motor-motor itu ditempeli lambang atau logo (livery) khas tim balap MotoGP, seperti Repsol Honda, Gresini Racing, dan Suzuki Ecstar. Ada juga motor milik tim Pertamina Mandalika SAG dengan warna biru motif batik parang kencana.

Di atas tunggangan besi itu, telah duduk para penunggangnya dengan baju balap (racing suit) dan helm yang sudah tidak asing lagi. Ada yang berwarna merah, oranye-hitam, hijau, biru muda, hitam-hitam, dan putih merah. Mereka adalah 16 pebalap MotoGP termasuk juara dunia enam kali MotoGP Marc Marquez serta Enea Bastianini, juara MotoGP 2022 seri pembuka di Qatar, 4-6 Maret 2022. Enam pebalap MotoGP lainnya termasuk juara dunia 2021 Fabio Quartararo sudah berada di Mandalika.

Ikut pula pebalap Moto2, Gabriel Rodrigo dan Bo Bendsneyder, jagoan Pertamina Mandalika SAG Team. Dua lainnya adalah pebalap wakil Indonesia, yakni Mario Suryo Aji di Moto3 dan Veda Ega Pratama di balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC). Ke-20 pebalap ini akan bertarung pada Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022.

Mereka ditemani dua petinggi Dorna Sports, yakni Carmelo Ezpeleta yang menjabat Chief Executive Officer dan anaknya, Carlos Ezpeleta selaku Managing Director. Dorna adalah promotor MotoGP. Tak mau kalah dengan para pebalapnya, Carmelo turut memakai jaket balap. Dari balik jaket balapnya, mengintip baju batik motif gunungan dari Solo.

READ  ITB Berhasil Kembangkan Katalis Untuk Produksi 'Green Fuel' 

Di trotoar tepi jalan, sekitar dua meter dari lokasi ke-20 motor dijajarkan, ada panggung kecil beralas karpet merah. Di kiri panggung terdapat bendera start dan kanan bendera Merah Putih. Di seberang jalan, ratusan motor aneka warna dan kapasitas mesin juga ikut berbaris rapi. Mereka berasal dari berbagai komunitas motor yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Puluhan aparat keamanan TNI dan Polri turut menjaga.

Dari balik pagar, tampak dari kejauhan samar-samar seorang pria berjaket merah sedang berbincang-bincang dengan beberapa orang di teras Istana Merdeka. Tak berapa lama, petugas komunikasi MotoGP bernama Matteo yang berkemeja putih meminta seluruh pebalap dan duo ayah-anak Carmelo dan Carlos untuk turun dari motor dan segera masuk ke dalam halaman Istana.

Rupanya pagi itu Presiden Joko Widodo mengundang perwakilan pebalap MotoGP ke Istana Merdeka sekaligus melepas mereka untuk berparade menyusuri jalan protokol ibu kota. Francesco Bagnaia menjadi pebalap pertama berkesempatan bersalaman dengan Presiden yang didampingi Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo dan Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association, Cahyadi Wanda. Marquez menjadi pebalap terakhir yang bersalaman dengan Presiden.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*