Rekomendasi Pekabaran Injil 2021 Bagian 2

<

TEMA API INJIL TERUS MENYALA

17-19 Nopember 2021

Di Kotaraja, Jayapura, Papua

N0. 2. Memetakan wilayah-wilayah konflik; Bencana alam; Daerah perbatasan dan Daerah yang sulit terjangkau.

(Ditandatangani: PGLII; PGI; PGGP; Sekretaris KomHAK KWI; GIDI; GKII; PGGS; FKUB Prov Papua; LAI; MAF; PGPI; JDN)

 

Rekomendasi Dan Aksi Bersama 

Dengan semangat kesatuan dan kebersamaan sebagai bagian yang utuh dari persekutuan tubuh Kristus, maka Konferensi Pekabaran Injil 2021 merekomendasikan:

  1. Memetakan wilayah-wilayah mana saja, termasuk daerah konflik, bencana alam dan daerah-daerah perbatasan serta daerah-daerah yang sulit terjangkau; kelompok-kelompok yang terdapat di tengah masyarakat; serta isu-isu yang perlu mendapat perhatian khususnya dalam mewartakan kabar baik bagi bumi dan segala isinya. Misalnya, gereja perlu memberi perhatian khusus kepada keluarga dan generasi milenial terutama di tengah arus pergeseran nilai-nilai yang begitu cepat.

Rekomendasi no. 2 dari Konferensi Pekabaran Injil (KPI) 2021 di Provinsi Papua menghimbau gereja-gereja lintas denominasi, masih dalam konteks dialog dan duduk bersama, diminta melakukan pemetaan yang mencakup banyak hal, antara lain wilayah konflik.

Maksud konflik di sini dapat diartikan situasi di antara lintas denominasi yang kerap menimbulkan ketegangan karena adanya “pencurian domba dari gereja tertentu”; “penyerangan doktrin gereja tertentu” tetapi juga wilayah konflik misalnya di Papua dan Papua Barat, yang melibatkan aparat keamanan dengan kelompok OPM dan telah menimbulkan gesekan-gesekan akibat kepada masyarakat yang menjadi korban. Dalam konteks wilayah konflik di Papua dan Papua Barat juga berimbas kepada gereja-gereja.

Begitu juga dengan pemetaan wilayah bencana alam, daerah perbatasan dan wilayah yang sulit terjangkau.

Gereja-gereja lintas denominasi dapat duduk bersama dan membuat pemetaan atas situasi khusus yang jika tidak diatasi dalam semangat kebersamaan justru menjadi wilayah yang sulit bagi kehadiran kabar baik, Injil Kristus.

READ  Rekomendasi Pekabaran Injil 2021 Bagian 9

Gereja dipanggil untuk mengambil bagian dalam tanggung jawab bersama membuat pemetaan wilayah yang hasilnya menjadi pegangan bersama dalam pelayanan yang terukur dan tercapai, yang memberi kesempatan kepada generasi milenial ikut berperan menjadi benteng di tengah arus perubahan nilai yang tak terbendung.

Salam Injili

Pdt. DR. Ronny Mandang, MTh.

Ketum PGLII – Persekutuan Gereja-Gereja dan Lembaga-Lembaga Injili Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*