Sebelas Working Group Sherpa Track G20

/script>

Salah satu agenda Presidensi G20 Indonesia mendorong kolaborasi antarnegara anggota G20 dalam mengentaskan pandemi global Covid-19.

Jakarta, legacynews.id – Jadwal pertemuan Sherpa Track working group Presidensi G20 Indonesia 2022 selama Maret 2022 begitu padat. Sebelas working group Sherpa Track tersebut menggelar agenda di beberapa kota tanah air seperti Jakarta, Solo, Lombok, dan Yogyakarta.

Tiga prioritas utama Presidensi G20 Indonesia 2022 adalah arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi energi. Prioritas utama ini dijadikan agenda pembahasan baru (flagship agenda) di working group (WG) dan engagement group (EG) Sherpa Track.

Dalam Sherpa Track, terdapat 11 WG, satu inisiatif, dan 10 EG. Ke-11 working group itu, antara lain, digital economyhealthtradeinvestmentand industryeducation, dan energy transtition. Sinergi antara pemerintah dan kelompok nonpemerintah ini menunjukkan sifat forum G20 yang inklusif.

Salah satu agenda Presidensi G20 Indonesia mendorong kolaborasi antarnegara anggota G20 dalam mengentaskan wabah global Covid-19 yang merebak dalam dua tahun terakhir ini. Dengan begitu, upaya penanganan pandemi dapat dilakukan dalam waktu yang relatif lebih cepat dengan upaya kolaborasi antarnegara di masa mendatang.

“Dalam kasus pandemi Covid-19, dunia hanya bisa terbebas jika berkolaborasi satu sama lain,” kata Tim Juru Bicara Presidensi G20 Indonesia, Maudy Ayunda, di Istana Negara pada Kamis (7/4/2022).

Menurut Maudy, kolaborasi menjadi kunci yang sangat penting dalam mengentaskan wabah global Covid-19. Sebab, kesehatan masyarakat dunia, sejatinya saling bergantungan antara satu negara dan negara lain.

Artinya, penanganan wabah itu harus melibatkan negara di sekitarnya dalam bentuk kolaborasi, untuk memperkuat upaya penanganan wabah tersebut.

READ  Bisnis Waralaba (franchise) di Indonesia Cukup Menjanjikan

Dalam mendorong hal itu, Indonesia mengedepankan perbaikan arsitektur kesehatan global menjadi salah satu topik bahasan utama dalam pertemuan G20.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*