Berbahagialah Orang Yang Membawa Damai

<

DEKLARASI DAMAI

19 November 2021. Kotaraja, Jayapura, Papua

Berbahagialah orang yang membawa damai …” Matius 5:9 

  1. Bahwa damai bagi manusia dan bagi alam semesta adalah mutlak, harus dijaga dan dipertahankan, baik oleh para pemuka agama, masyarakat, TNI/POLRI dan Pemerintah.

Deklarasi Damai yang diproklamasikan tokoh lintas agama di Jayapura, Papua dengan tegas menyerukan damai bagi manusia dan bagi alam semesta adalah mutlak. Damai adalah ajaran Tuhan Yesus demi kemaslahatan hidup manusia yang multikultural, bahkan seluruh agama yang dibangun atas nilai-nilai universal.

Damai di wilayah mana saja, terutama di Papua adalah mutlak dan tidak dapat ditawar-tawar apalagi diperdebatkan. Siapakah yang harus menjaga dan mempertahankannya?, pemuka agama, masyarakat, TNI/POLRI dan Pemerintah.

Jika damai tidak dapat diwujudkan tetapi sebaliknya kekerasan dan desingan peluru terus saja dimuntahkan, maka segala upaya dan kesepakatan yang dibuat oleh seluruh elemen masyarakat melalui tokoh lintas agama hanyalah kesia-siaan.

Dibalik penderitaan Orang Papua Asli atas seringnya pasukan TNI/Polri yang mengejar OPM tetapi juga menyasar ke desa-desa, harus dijawab dengan teruslah berdoa dan berdoa, karena Allah yang hidup, di dalam Kristus, sekali-kali tidak diam, ada waktunya Allah berperkara di Papua lebih dari yang dipikirkan manusia.

Salam Injili

Pdt. DR. Ronny Mandang, MTh.

Ketum PGLII – Persekutuan Gereja-Gereja dan Lembaga-Lembaga Injili Indonesia

 

READ  Profesi Jangan Dibuat Hitam

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*