‘Best Practice’ Penanganan dan Pemulihan Bencana Gempa & Tsunami

<

Karibia tertarik untuk mempelajari cepatnya pemulihan sosial ekonomi Indonesia setelah tiga tahun menghadapi masa pandemi virus corona.

Jakarta, legacynews.id – Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi kebencanaan yang tinggi karena secara geografis dan geologi terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik yaitu Eurasia, Indo-Australia, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Indonesia juga terletak di kawasan Cincin Api (Ring of Fire).

Menurut World Risk Report 2021, Indonesia berada di urutan ke-38 dari 181 negara berisiko bencana. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat pada 2021 lalu terdapat 5.402 kali bencana yang terdiri dari kekeringan, kebakaran hutan dan lahan (karhutla), banjir, tanah longsor, gelombang pasang, dan cuaca ekstrem.

Di balik itu semua, bangsa ini selalu mampu melewati berbagai situasi kebencanaan karena memiliki kearifan lokal di masyarakat dan menjadi salah satu keunggulan Indonesia. Situasi itu ikut didukung peran aktif para pemangku kepentingan seperti komunitas, akademisi, dunia usaha, media massa, dan pemerintah.

Mereka bersatu dalam setiap peristiwa bencana di tanah air dalam perannya masing-masing. hasilnya, muncul sebuah kekuatan dalam bentuk ketahanan ketika menghadapi aneka bencana.

Demikian dikatakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy ketika membuka Konferensi Rekonstruksi Dunia Kelima di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (23/5/2022). “Salah satu potensi lokal yang dapat dijadikan contoh baik (best practice) dalam penanganan bencana di Indonesia adalah gotong royong pentaheliks,” ujar Muhadjir.

Kegiatan yang berlangsung dua hari tersebut menjadi rangkaian dari agenda Platform Global Pengurangan Risiko Bencana Ketujuh atau 7th Global Platform Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, 23-28 Mei 2022. GPDRR adalah salah satu pertemuan rutin tiga tahunan yang dilakukan Kantor PBB Untuk Pengurangan Risiko Bencana/UNDRR dan telah dilaksanakan sejak 2007.

READ  Cegah Lonjakan Penularan Covid-19 Pascamusim Libur Akhir Tahun

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*