GAMKI dan LAPP Diskusikan Quo Vadis Pemilu Indonesia

 

“Sehingga ke depannya kita semua akan lebih paham dengan berbagai dinamika dan isu kepemiluan serta proses kaderisasi didalamnya dapat berjalan dengan baik. Election Updates diharapkan juga dapat menjadi kegiatan rutin dan menjadi wadah untuk saling bertukar pikiran terkait berbagai isu kepemiluan,” ujar Sahat.

Anggota DKPP RI 2012-2017, Saut Hamonangan Sirait mengemukakan bahwa dalam konteks pergulatan teologis quo vadis, bagaimana pemilu di negeri ini dalam perspektif Tuhan.

“Kalau kita mendalami kitab 1 dan 2 Samuel, terjadi perjumpaan antara yang bersifat transenden atau yang bersifat ilahi dengan yang bersifat sekuler atau profan. Ketika ada tuntutan reformasi di tengah-tengah bangsa Israel karena kebobrokan para pemimpin,” katanya

“Hakim Samuel memiliki integritas personal yang bagus namun pada akhirnya terjebak pada primordialisme, trah, dan nepotisme yang mengangkat dua anaknya jadi hakim dan anaknya sangat suka pada suap. Terjadi kebobrokan moral pemimpin yang persis reformasi 1998,” ucap Saut.

Dalam penjelasan selanjutnya, dia mengemukan bahwa pemilu produknya akan mengalir melalui keputusan-keputusan politik. Menyangkut harga nasi atau beras, harga listrik dan lain sebagainya, itu groundnya di pemilu.

Komisioner Bawaslu RI 2012-2017, Nelson Simanjuntak menyampaikan beberapa pandangannya terkait pentingnya pemilu sebagai ultimate concern yang perlu menjadi perhatian dari GAMKI dan LAPP. Basic GAMKI untuk membahas dan melakukan peran-peran kesaksian dalam pemilu memang benar-benar status yang tidak tertolak dari panggilan iman orang-orang Kristen.

“Kelihatannya kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kita yang secara konstitusional adalah negara demokrasi tetapi sebetulnya kehidupan berdemokrasi kita masih sangat jauh dari apa yang disebut sebagai penerapan nilai-nilai demokrasi. Kecuali mungkin dari sisi pemilu, kita melakukan pemilu yang prosedural tetapi ada berbagai permasalahan yang muncul di sana,” kata Nelson

READ  Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Berikan Bantuan Sembako dan Obat-obatan

Ia menambahkan bahwa pemilu yang damai dan berkualitas dapat dicapai jika seluruh tahapan pemilu dijalankan dengan prinsip Luber Jurdil sehingga proses dan hasilnya memiliki legitimasi yang baik.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Website Protected by Spam Master