Jalur Selatan; Melewati Pesisir Selatan Jawa Hadap Samudra Hindia

<

Umumnya objek wisata didominasi kawasan pantai berombak besar dan berpasir putih. Pemandangan yang mampu memikat siapa saja yang mengunjunginya.

Jakarta, legacynews.id – Diizinkannya kembali kegiatan mudik pada Lebaran 2022 oleh Presiden Joko Widodo telah disambut gembira masyarakat. Tercatat sebanyak 85,5 juta orang telah berada di kampung halaman mereka untuk bersilaturahmi saat lebaran kali ini. Ini terjadi setelah dua tahun pemerintah meniadakan mudik sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Selain memakai moda transportasi umum seperti pesawat, kapal, dan bus antarkota, melansir data Kementerian Perhubungan, para pemudik juga memakai 17 juta unit motor dan 23 juta mobil untuk bisa mencapai kampung halaman masing-masing. Sebanyak lebih dari 50 persen pemudik melakukan perjalanan ke sejumlah tujuan di seluruh kota di Pulau Jawa.

Mereka melalui tiga jalur utama yaitu pantai utara, tengah, dan selatan Jawa. Jalur-jalur ini memiliki keistimewaannya masing-masing terutama dalam menghadirkan objek-objek wisata menarik. Jalur selatan terbentang melewati lima provinsi, yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur serta 23 kabupaten/kota.

Jalur ini telah dituntaskan pembangunannya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sejak 2019 hingga menjelang Lebaran 2022. Total ada sepanjang 1.242 kilometer jalan beraspal mulus selebar 5-7 meter membentang antara wilayan Bayah di Kabupaten Lebak, Banten, hingga Pacitan (Jatim).

Tak hanya menyajikan pemandangan indah khas di pesisir pantai selatan Jawa menghadap ke Samudra Hindia, jalur ini juga menghubungkan para pemudik dengan puluhan destinasi wisata lokal yang ada di kelima provinsi tadi. Berikut beberapa di antaranya:

 

READ  RUU Harmonisasi Peraturan Perpajakan Resmi Disetujui Oleh Parlemen

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*