Kekuatan Indonesia Di Kancah Bulu Tangkis Di Ganda Putra

<

Hasil dari All England dan ajang super seri yang lain menunjukkan betapa persaingan di area bulu tangkis sangat ketat. Kekuatan Indonesia di kancah bulu tangkis bertumpu di nomor ganda putra. Tiongkok bukan negara adidaya lagi di arena badminton.

Jakarta, legacynews.id – Debut ganda Bagas Maulana, 23 tahun, dan Muhammad Sahibul Fikri, 23 tahun, di arena bergengsi All England, menorehkan hasil gemilang. Ganda putra dari Kamp Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta itu berhasil meraih gelar Juara All England 2022, Minggu (20/3/22). Mereka mampu mengalahkan dua ganda terkuat dunia, yang tak lain ialah senior sendiri, yakni pasangan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan di grand final, dan pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya di semi final.

Kemenangan Bagas/Fikri di stadion Utilita Arena, Birmingham, 180 km di sebelah utara London itu mengejutkan. Pasangan ini masih berada di peringkat 28 dunia ganda pria Badminton World Federation (BWF). Mereka belum pernah menjuarai laga di arena super series, baik di level Seri 300, 500, apalagi yang Seri-1.000 (tertinggi) seperti di ajang All England. Prestasi tertinggi mereka adalah juara di BWF Tour Super 100 Hyderabad Open, India, 2019. Tak heran, bila dalam tim peraih Thomas Cup 2021, nama Bagas/Fikri tak tercantum.

Namun terjun ke All England berbeda ceritanya. Pada babak kedua, mereka mengalahkan unggulan ke-6 (ranking 11 dunia BWF) asal Malaysia, yakni Ong Yew Sin/ Teo Ee Yi. Berikutnya, ganda asal Cilacap (Bagas Maulana) dan Bandung (Muhammad Shohibul Fikri) itu mengandaskan peringkat ke-4 dunia Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dari Jepang.

Maka dengan percaya diri Bagas/Fikri masuk ke babak semi final dan di situ mereka mengungguli peringkat 1 dunia Marcus/Kevin. Pada partai puncak, mereka kembali menorehkan sejarah dengan mengalahkan pasangan senior Pelatnas Cipayung dan ranking 2 dunia Ahsan/Hendera. Juara.

READ  Orang Kekurangan Vitamin D 54% Lebih Rentan Terkena COVID-19

Namun kondisi puncak telah terlewati. Ketika tampil di Swiss Open (Seri-300) di Basel, Bagas/Fikri terjegal di babak 32 besar. Mereka dikalahkan oleh ganda India yang juga sedang naik daun, yakni Satwiksairaj Rankireddy (Ranki)/Chirag Shetty (Shet), Rabu (23/3/22). Prestasi Bagas/Fikri belum stabil.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*