Mempersiapkan Lulusan Yang Adaptif dan Siap Terjun Ke Dunia Kerja

<

Dalam forum EdWG G20, delegasi Indonesia menyampaikan pentingnya mempersiapkan lulusan yang adaptif dan siap terjun ke dunia kerja.

Jakarta, legacynews.id – Indonesia terus memperkuat ajakan kepada negara-negara G20, negara undangan khusus, organisasi internasional, serta kelompok kerja dan kelompok pelibatan G20 terkait untuk bergotong royong menciptakan pendidikan yang berkualitas.

Komitmen tersebut dibangun melalui serangkaian agenda dalam pertemuan pertama Kelompok Kerja Pendidikan atau Education Working Group (EdWG) G20 2022 yang diampu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Perhelatan itu digelar di Yogyakarta, pada 16-18 Maret 2022.

Negara-negara anggota G20 juga menyepakati komitmen untuk mendukung empat agenda prioritas bidang pendidikan yang diharapkan dapat menjadi solusi bersama untuk bangkit dari situasi pandemi Covid-19. Keempat agenda tersebut adalah pendidikan berkualitas untuk semua, teknologi digital dalam pendidikan, solidaritas dan kemitraan, serta masa depan dunia kerja pascacovid-19.

Pada kesempatan tersebut, Indonesia yang menyampaikan tantangan selama pandemi dan berbagi praktik baik terobosan Merdeka Belajar untuk memulihkan dunia pendidikan, pada pertemuan pertama EdWG G20, para delegasi G20 juga berbagi inisiatif, strategi, sekaligus tantangan yang dihadapi dalam mengakselerasi kualitas pendidikan.

“Indonesia berbagi praktik baik terobosan Merdeka Belajar untuk pemulihan pendidikan, di mana sejumlah negara juga telah melakukan

praktik-praktik yang selaras dengan apa yang dilakukan Kemendikbudristek melalui Merdeka Belajar,” ujar Ketua EdWG G20 2022 Iwan Syahril saat Konferensi Pers 1st G20 EdWG Meeting, Jumat(18/3/2022).

Iwan yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek, mengangkat dua konsep Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Hal itu sebagai contoh nyata komitmen Indonesia dalam mengadopsi semangat solidaritas dan kemitraan di bidang pendidikan.

READ  Pebasket Indonesia Basketball League Tanding Di Arena PON

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*