Presiden Joko Widodo Menganugerahkan Tanda Kehormatan

<

Sebanyak 123 tenaga medis dan kesehatan yang gugur dalam tugas menghadapi pandemi Covid-19 menerima tanda kehormatan dari negara.

Jakarta, legacynews.id – Sesuai tradisi dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI, Presiden RI selaku Kepala Negara memberikan tanda kehormatan kepada warga negara yang berjasa bagi kemanusiaan, ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan masyarakat luas. Pada tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan tanda kehormatan kepada total 127 orang dari pelbagai latar profesi.

Penganugerahan tanda kehormatan dalam rangka memperingati Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia itu digelar di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/8/2022). Tahun ini, tanda kehormatan yang terdiri atas Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma dianugerahkan kepada para penerima dengan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 64, 65, dan 66/TK/TH 2022.

Keputusan Presiden tersebut ditetapkan di Jakarta pada 11 Agustus 2022. Adapun penerimaan tanda kehormatan tersebut diwakili oleh tujuh orang penerima atau ahli waris penerima yang hadir secara langsung di Istana Negara.

Tujuh orang penerima tersebut adalah:

  1. Almarhum Ajip Rosidi, sastrawan, dianugerahi tanda kehormatan Bintang Mahaputera Pratama;
  2. Letjen (Purn) Ida Bagus Purwalaksana, Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan 2019-2022, dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Utama;
  3. Almarhum Profesor Dr Mundardjito, arkeolog, dianugerahi tanda kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma;
  4. Almarhumah dr Carolina Rezeki Sihombing, dokter spesialis di RSUD Kota Depok, mendapatkan tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama;
  5. Almarhum Sunjaya, Kepala Puskesmas pada UPTD Puskesmas Sukatani, Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mewakili 98 penerima lainnya yang masing-masing dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama;
  6. Almarhum Gugum Gumbira, seniman tradisi Sunda, menerima tanda kehormatan Bintang Jasa Nararya;
  7. Almarhumah Dewi Wikantini, bidan penyelia pada UPT Puskesmas Baktijaya Kota Depok, Jawa Barat, mewakili 22 penerima lainnya yang masing-masing dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Nararya.
READ  Danau Sentani Sebagai Danau Toba Baru di Kawasan Timur Indonesia

Lantas bagaimana sosok penerima tanda kehormatan RI pada tahun ini? Berikut profil dari 127 penerima tanda kehormatan dari presiden:

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*