Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Gelombang II

<

Seleksi PPG Prajabatan gelombang II dibuka. Bagi yang berminat tersedia 18 program studi di perguruan tinggi.

Jakarta, legacynews.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang II. Kuota nasional yang disiapkan untuk program ini sebanyak 40 ribu peserta.

Seleksi PPG Prajabatan gelombang II dibuka mulai 26 Agustus hingga 26 September 2022. Bagi yang berminat mengikuti program ini tersedia 18 program studi (prodi) di perguruan tinggi.

PPG Prajabatan adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan, baik dari kependidikan maupun nonkependidikan. Kemudian berlaku pula bagi calon guru untuk mendapatkan sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Calon peserta program PPG Prajabatan 2022 disyaratkan belum pernah terdaftar sebagai guru di Dapodik.

Berikut sejumlah syarat yang harus dipenuhi pendaftar PPG Prajabatan yang dilansir dari laman Ditjen Dikti Kemendikbud:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Belum pernah terdaftar di data pokok pendidikan (dapodik);
  3. Berusia maksimal 32 tahun pada 31 Desember 2022;
  4. Memiliki ijazah strata 1 (S1) atau diploma IV (DIV) yang terdaftar pada PD Dikti, bagi lulusan luar negeri terdaftar pada unit penyetaraan ijazah luar negeri;
  5. IPK minimal 3.00;
  6. Memiliki surat sehat jasmani dan rohani (diserahkan pada saat lapor diri);
  7. Memiliki surat keterangan berkelakukan baik (diserahkan pada saat lapor diri);
  8. Memiliki surat keterangan bebas narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA) (diserahkan pada saat lapor diri);
  9. Menandatangani pakta integritas;
  10. Mengikuti seleksi administrasi, tes substantif dan tes wawancara.

Adapun jurusan atau program studi yang bisa mendaftarkan sebagai PPG Prajabatan tahun 2022 adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Ekonomi, Fisika, IPA, IPS, Kimia, Matematika, dan Pendidikan Guru Kelas SD.

READ  Di Tanah Papua Torang Bersodara

Selain itu, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Luar Biasa (PLB), PKN, Sejarah, Geografi, Sosiologi, Bimbingan Konseling dan Seni Budaya juga bisa mendaftar dalam PPG Prajabatan 2022 ini.

Bagi yang ingin mendaftar Program PPG Prajabatan gelombang 2, bisa mengakses laman resmi Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek, yakni https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*