Siapakah Yang Suka Menghakimi Hamba Orang Lain …

<

“Siapakah kamu, sehingga kamu menghakimi hamba orang lain? Entahkah ia berdiri, entahkah ia jatuh, itu adalah urusan tuannya sendiri. Tetapi ia akan tetap berdiri, karena Tuhan berkuasa menjaga dia terus berdiri.” Roma 14:4 (TB) 

Banyaknya gereja dan hamba Tuhan, seharusnya membuat Kekristenan semakin bersatu dan menjadi kesaksian yang memuliakan Kristus.

Tetapi kenyataannya tidak seperti yang diharapkan, semakin banyak gereja dan hamba Tuhan, seringkali malah menimbulkan situasi yang saling bersaing dan kadang melempar isu-isu yang tidak etis.

Misal, jika ada satu gereja bermasalah dan menjadi isu nasional, apakah gereja-gereja yang lain, antar sesama tubuh Kristus ikut prihatin, berdoa dan berusaha menolongnya atau malah ikut menuding dan menghakimi?

Begitu juga, jika ada seorang hamba Tuhan terbukti melanggar sumpah jabatan, apakah hamba-hamba Tuhan lain ikut mendoakan dan berupaya menolong atau malah ikut menuding dan menghakimi?

Selama gereja dan hamba Tuhan Tuhan masih di bumi, maka pada dirinya tidak ada yang sangat sempurna.

Nah, mengapa sering terjadi jika ada hamba Tuhan jatuh, lalu hamba-lalu hamba-hamba Tuhan lain justru membeberkan dosa dan kejatuhan hamba Tuhan, kalau memungkinkan malah dimasukkan dalam percakapan di media sosial.

Hal itu sama dengan ikut menghakimi hamba Tuhan yang jatuh.

Apakah kesatuan tubuh atau keesaan gereja itu ada?

Jika ada adalah patut sesama hamba Tuhan saling mendukung untuk membangun kembali, bukan mendukung kesalahannya.

Patut dipikirkan, seorang hamba Tuhan itu dipilih dan ditetapkan Tuhan, maka jika ia lemah dan jatuh, mestinya tidak perlu sampai dihakimi hamba Tuhan lain, karena tuannya, yaitu Kristus, yang akan mengurusnya, apakah ia akan dihukum, dipulihkan atau tetap berdiri, hal itu adalah urusan Tuhan bukan manusia.

READ  Meski Tiap Hari Ke Gereja; Tetap Saja Minta-Minta

Hamba Tuhan tak punya hak menghakimi hamba Tuhan yang sedang berdiri atau jatuh.

Salam Injili

Pdt. DR. Ronny Mandang, MTh.

Ketum PGLII – Persekutuan Gereja-Gereja dan Lembaga-Lembaga Injili Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*