Panjat Sosial; Lebih Tinggi Dari Pada Yang Patut Kamu Pikirkan

<

“…., Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan,….” Roma 12:3 

Istilah Pansos (panjat sosial) merupakan kosakata gaul yang sangat populer di kalangan anak muda bahkan masyarakat luas.

Pansos adalah istilah yang ditujukan kepada seseorang yang ingin menaikkan namanya supaya menonjol dan terkenal secara luas. Menurut KBBI, pansos adalah “usaha yang dilakukan untuk mencitrakan diri sebagai orang yang mempunyai status sosial tinggi, dilakukan dengan cara mengunggah foto, tulisan, dan sebagainya di media sosial”

Pansos atau istilah dinitizen “social climber“, tidak hanya terjadi di kalangan masyarakat yang tidak terkenal, tetapi juga di kalangan masyarakat terkenal, apapun latar belakangnya, publik figur yang sudah terkenal. Simaklah konten-konten yang diposting di media sosial, IG, WA, Youtube sangat jelas diantaranya berisi pansos.

Nah, umat Kristen atau para pemimpinnya, apakah tergoda menjadi pelaku aktif pansos? Semua ini, dengan menyusuri jejak-jejak media sosial, akan diketahui apakah orang itu pansos atau tidak?.

Berbagai pemerhati menyebut pansos adalah suatu perilaku negatif yang muncul di media sosial karena tergiur ingin memiliki pencitraan seperti publik figur yang memiliki nama.

Adalah baik bagi umat Kristen atau para pemimpinnya, hidup sesuai dengan yang ditakar Allah padanya, tak perlu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi, seperti pansos, sehingga ia bukan lagi menjadi pribadi yang dikenal Allah. Asli saja…!

Salam Injili

Pdt. DR. Ronny Mandang, MTh.

Ketum PGLII – Persekutuan Gereja-Gereja dan Lembaga-Lembaga Injili Indonesia

READ  Jangan Diam Terus; Hak Kita Sama!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*